Sukses

Fitur Perdana Apple Intelligence Rilis Bulan Ini, Apa Saja yang Akan Hadir?

Apple Intelligence hadir 28 Oktober di iPhone 16! Simak fitur-fitur canggihnya, seperti tool editor teks dan summarize, smart audio recording, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple siap memperkenalkan fitur pertama Apple Intelligence buatan mereka pada 28 Oktober mendatang.

Kehadiran perdana fitur Apple Intelligence ini menjadi bagian dari update iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1, yang akan tersedia di berbagai perangkat Apple, termasuk iPhone 16.

Mengutip laporan Mark Gurman di Bloomberg via Engadget, Senin (7/10/2024), sejumlah fitur Apple Intelligence akan hadir perdana lewat update iOS 18.1 pada 28 Oktober.

Fitur Apple Intelligence yang Akan Diluncurkan?

Salah satu fitur unggulan yang akan hadir adalah text editor dan kemampuan untuk merangkum (summarize), untuk memudahkan pengguna menulis dan menyusun teks secara efisien.

Selain itu, besar kemungkinan perusahaan berbasis di Cupertino ini juga akan memperkenalkan fitur baru di aplikasi Photos, yakni Memories lebih cerdas.

Apple juga bakal memperkenalkan fitur untuk menghapus objek dari latar belakang foto dengan lebih mudah menggunakan fitur Clean Up.

Namun, perlu diingat, tidak semua fitur Apple Intelligence akan diluncurkan secara bersamaan. Beberapa fitur, seperti integrasi ChatGPT dan Genmoji diperkirakan akan hadir pada pembaruan iOS 18 berikutnya.

Diyakini, raksasa teknologi tersebut akan meluncurkan fitur baru Apple Intelligence lainnya sepanjang akhir tahun ini hingga awal 2025.

2 dari 4 halaman

Apple Siap Gelar Event Oktober 2024, Ada iPad dan MacBook Baru?

iPad dan iPad mini baru diumumkan. (Doc: Apple)

Setelah sukses menarik perhatian publik global dengan peluncuran iPhone 16 di bulan September, Apple dikabarkan masih punya kejutan lain di 2024.

Berdasarkan rumor yang bereda, Apple disebut akan kembali mengadakan event di Oktober 2024. Di event tersebut, MacBook Pro terbaru dengan chip M4, iPad anyar, dan aksesori lainnya disebut akan menjadi sorotan.

Untuk diketahui, Apple memiliki pola rutin mengadakan event di bulan Oktober. Event ini biasanya digelar setelah peluncuran iPhone di September.

Dikutip dari Gizchina, Selasa, (2/10/2024), berdasarkan jadwal tahun sebelumnya, event ini kemungkinan akan jatuh di pertengahan atau akhir Oktober, antara tanggal 14-15 atau 28-29.

Lantas, apa saja produk yang akan diluncurkan Apple di event tersebut? Simak beberapa prediksinya di bawah ini.

3 dari 4 halaman

1. MacBook Pro dengan Chip M4

Chip Apple M4 terbaru di iPad Pro 2024 (Dok: Apple)

MacBook Pro terbaru diprediksi jadi bintang utama event ini. Setelah mendapatkan update dengan chip M3 di 2023, kini MacBook Pro diharapkan hadir dengan performa lebih tinggi berkat chip M4. 

2. Mac Mini dengan Desain Baru

Mac mini dikabarkan akan tampil dengan desain baru, lebih kecil, dan dilengkapi port USB-C yang lebih banyak. Chip M4 juga diprediksi akan meningkatkan performanya.

3. iMac dengan Chip M4

iMac juga kemungkinan akan mendapatkan penyegaran dengan chip M4. Selain itu, aksesori iMac seperti Magic Keyboard dan Magic Mouse diprediksi akan beralih ke USB-C, sejalan dengan peraturan baru Uni Eropa.

 

4 dari 4 halaman

4. iPad dan iPad Mini

Apple Music.

iPad Mini dan iPad entry-level yang terakhir diupdate pada 2021 serta 2022 diperkirakan akan hadir dengan peningkatan performa, terutama kamera dan konektivitas yang lebih baik.

Sementara iPad Pro dan iPad Air kemungkinan besar tidak akan mendapatkan update kali ini.

Apple disebut akan lebih fokus pada Mac dan iPad di event kali ini, sedangkan produk lain seperti MacBook Air hingga iPhone SE tidak akan diperkenalkan. Kendati demikian, event ini tetap menarik untuk ditunggu. Â