Sukses

Google Bawa Gemini ke Gmail iOS, Cari Email Jadi Lebih Cerdas

Google membawa chatbot AI Gemini ke Gmail iOS. Kini Anda bisa mencari email dengan lebih mudah dan cepat dengan mengajukan pertanyaan.

Liputan6.com, Jakarta Google baru saja mengumumkan beberapa pengguna aplikasi Gmail di iOS kini bisa berbincang langsung dengan chatbot Gemini. Fitur yang dinamakan Gmail Q&A ini pertama kali diluncurkan untuk pengguna Android pada Agustus 2024. 

Dikutip dari TechCrunch, Selasa (8/10/2024), fitur ini hadir untuk pengguna iOS yang berlangganan Google One AI Premium atau punya akun Google Workspace dengan add-on Gemini Business, Enterprise, Education, atau Education.

Dengan fitur ini, pengguna dapat bertanya hal-hal spesifik mengenai email yang ada di Gmail. Sebagai contoh,"Berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk acara marketing terakhir?"

Pengguna juga bisa meminta Gemini menampilkan pesan yang belum dibaca dari pengirim tertentu.

Tidak hanya itu, pengguna dapat pula meminta rangkuman email yang berhubungan dengan topik tertentu di inbox, seperti "Tolong rangkum email soal perencanaan kuartal."

Meskipun fitur pencarian tradisional di Gmail tidak akan dihilangkan, sekarang akan ada tombol Gemini di sebelah bar pencarian.

Tujuan fitur ini adalah mendorong pengguna menggunakan AI saat mencari informasi tertentu di email, bukan hanya mengandalkan pencarian manual.

Kendati demikian, Gmail Q&A ini kemungkinan besar tidak akan tersedia buat pengguna Gmail gratis dalam waktu dekat. Google sedang mempromosikan fitur ini untuk menarik orang berlangganan layanan bulanannya.

Seperti kebanyakan perusahaan teknologi lainnya, Google sudah menambahkan fitur AI ke berbagai produk yang ada, termasuk Google Docs, Gmail, Google Calendar, dan lainnya.

Perluasan fitur ini datang sehari setelah Gmail memperkenalkan summary cards yang diperbarui.

Fitur ini mempermudah pengguna mengatur inbox mereka dengan lebih baik, melacak paket, check-in penerbangan, pasang pengingat, tandai tagihan sebagai lunas, dan lainnya langsung dari aplikasi email.

2 dari 3 halaman

Chatbot Google Gemini AI di Gmail Kini Hadir Buat Pengguna Android

Sebelumnya, Google mengizinkan pengguna memakai chatbot Gemini AI untuk bertanya tentang inbox Gmail versi web. Kini, fitur tersebut sudah hadir untuk pengguna Android.

Perusahaan menyebut, fitur Q&A Gmail mulai digulirkan ke Android dan fitur ini bakal segera hadir juga ke Gmail versi iOS.

Mengutip The Verge, Jumat (30/8/2024), dengan Gmail Q&A, pengguna bisa bertanya ke Gemini tentang berbagai hal di email mereka.

Berdasarkan unggahan blog Google, pengguna bisa meminta Gemini untuk menunjukkan pesan-pesan yang belum dibaca, memerintahkan untuk melihat pesan dari pengirim tertentu, atau meringkas email tentang topik tertentu di inbox.

Sekadar informasi, Gmail Q&A ini bisa sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin menemukan pesan yang mungkin sudah terkubur lama di kotak masuk mereka.

Sayangnya, fitur ini tak serta merta hadir secara gratisan untuk semua pengguna Gmail. The Verge menyebut, pengguna perlu berlangganan Google One AI Premium atau plan Google Workspace dengan dukungan Gemini Business, Enterprise, Education, atau add on Education Premium agar bisa mengaksesnya.

Google Q&A sudah mulai digulirkan sejak Kamis kemarin. Google menyebut, mungkin perlu setidaknya 15 hari hingga fitur ini muncul di pesan Gmail pengguna.

Kini, dengan berbagai tool AI generatif yang ada, pengguna juga harus selalu mengecek ulang hasil kerja Gemini untuk memastikan AI ini bekerja sesuai fakta, bukan terkesan mengada-adakan sesuatu.

3 dari 3 halaman

Sudah Hadirkan Gemini ke Google Workspace

Sebelumnya, Google menghadirkan perluasan akses Gemini ke Google Workspace. Nantinya, pengguna akan bisa langsung mengakses AI generatif itu di Gmail, Google Drive, Docs, dan layanan Workspace lainnya.

Berdasarkan unggahan blog Google Workspace, sebagaimana dikutip dari Tech Radar, Minggu (30/6/2024), perusahaan mengumumkan ketersediaan umum Gemini di aplikasi kerja Google, seperti Google Docs, Spreadsheet, Slide, dan Drive.

Nantinya, Gemini di aplikasi tersebut akan muncul di panel bilah samping. Penempatan tersebut akan memudahkan pengguna mengakses Gemini tanpa perlu membuka situs web.

Fitur tersebut dapat dimunculkan ketika pengguna mengklik tombol "Ask Gemini" di sudut kanan atas logo Docs, Sheets, Slides, dan Drive.

Gemini yang dihadirkan juga tak main-main, Google menggunakan Gemini 1.5 Pro, ini adalah model AI multimodal terbaru yang bisa berikan akses terhadap kecerdasan yang lebih maju.

Video Terkini