Sukses

Copilot Mulai Sambangi WhatsApp, Gimana Cara Pakainya?

Asisten virtual Copilot mulai menyambangi WhatsApp, yuk simak bagaimana cara cepat untuk berinteraksi dengan chatbot Copilot di aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Web kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft meluncurkan sebuah fitur baru yang akan membuat senang pengguna WhatsApp yang juga pencinta kecerdasan buatan.

Perusahaan software ini mengintegrasikan secara langsung asisten AI mereka, Copilot, ke WhatsApp. Langkah ini membawa tool AI canggih tersebut langsung ke pengguna salah satu aplikasi pesan yang paling banyak dipakai di dunia.

Dengan begitu, aktivitas sehari-hari di WhatsApp bisa lebih mudah dan efisien berkat dukungan Copilot.

Mengutip Gizchina, Selasa (8/10/2024), Copilot memang dinilai jadi asisten AI yang bisa beradaptasi dengan berbagai macam kebutuhan.

Misalnya pengguna ingin informasi tentang suatu topik, butuh bantuan dalam menulis dokumen, atau ingin menganalisis halaman web, Copilot bisa membantunya.

Fleksibilitas ini membuat asisten virtual Copilot jadi tool hebat untuk berbagai tugas, membantu pengguna menyelesaikan banyak hal dengan lebih mudah dan cepat.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja Copilot di WhatsApp

Menambahkan Copilot di WhatsApp adalah hal yang mudah. Pengguna hanya perlu memindai kode QR yang tersedia di situs web resmi Microsoft.

Setelah dipindai, asisten AI akan ditambahkan ke daftar kontak pengguna. Dari sana, pengguna bisa mengobrol dengan Copilot seperti halnya mengobrol dengan kontak lainnya.

Asisten virtual ini siap membantu berbagai permintaan, mulai dari pertanyaan sederhana hingga tugas yang lebih rumit.

Nantinya secara default Copilot berinteraksi dengan bahasa Inggris. Kendati demikian, pengguna bisa beralih ke bahasa yang mereka pilih, hanya dengan menanggapi atau meminta sang Copilot untuk berkomunikasi, misalnya dalam bahasa Indonesia.

Fitur Copilot di WhatsApp ini membuat pengalaman pengguna lebih personal sekaligus mudah diakses dalam bahasa apa pun.

3 dari 4 halaman

Fitur Utama

Salah satu fitur Copilot yang paling menarik adalah kemampuan membuat gambar berdasarkan deskripsi teks. Hal ini dimungkinkan berkat integrasinya dengan teknologi DALL-E 3.

Ini memungkinkan Copilot untuk bertindak layaknya seniman, namun versi digital.

Pengguna hanya perlu mendeskripsikan gambar yang diinginkan lalu Copilot akan menghasilkan gambar yang sesuai dengan deskripsi.

Microsoft juga mengklaim pihaknya memastikan privasi pengguna. Pengguna memiliki akses ke berbagai tool yang membantu mereka mengelola informasi pribadi dan mengontrol data apa yang dibagikan.

 

 

4 dari 4 halaman

Bukan hanya di WhatsApp Ponsel

Copilot tidak hanya tersedia untuk perangkat seluler. Setelah pengguna menambahkan Copilot ke aplikasi WhatsApp, asisten ini juga akan tersedia di WhatsApp Web.

Itu artinya, pengguna bisa memakai Copilot di smartphone atau di komputer, dengan begitu pengguna lebih fleksibel dalam berinteraksi dengan Copilot.

Â