Sukses

Samsung Hadirkan Update Software Panjang Buat Smartphone Galaxy A16 5G

Samsung menghadirkan update software panjang untuk smartphone Galaxy A16 5G yang baru saja dirilisnya di Eropa. Perangkat ini mendapatkan update keamanan hingga 6 tahun lamanya.

 

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diam-diam meluncurkan smartphone mid-range Galaxy A16 5G di Eropa. Perangkat ini adalah penerus untuk Galaxy A15 5G yang dirilis tahun lalu.

Perangkat ini hadir dengan sejumlah peningkatan. Galaxy A16 5G memiliki layar seluas 6,7 inci Full HD+ jenis Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz.

Layar tersebut agak sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya, sehingga menawarkan pengalaman visual lebih imersif dan smooth.

Salah satu perubahan yang paling kelihatan adalah pergeseran chipset yang dipakai. Galaxy A16 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 6100+ sementara dahulu Galaxy A15 menggunakan Exynos 1300 besutan Samsung.

Kamera

Meski begitu di sisi kamera, masih belum terlihat perubahan signifikan dibandingkan pada smartphone sebelumnya. Galaxy A16 5G masih mempertahankan setting tripel kameranya dengan kamera utama 50MP, lensa ultra wide 5MP, dan lensa makro 2MP.

Untuk mendukung selfie, pada smartphone Samsung ini dibenamkan kamera selfie 13MP untuk memastikan hasilnya tetap bagus di berbagai kondisi cahaya.

2 dari 3 halaman

Android 14 hingga Update Software Panjang

Galaxy A16 5G sudah didukung Android 14 yang berjalan di One UI 6 untuk menawarkan pengalaman penggunaan yang intuitif.

Uniknya, Samsung tidak hanya mendukung update software yang panjang buat Galaxy S dan foldable Galaxy Z mereka. Perusahaan juga berkomitmen mendukung update software yang panjang untuk Galaxy A16 5G yang merupakan smartphone kelas mid.

Buktinya, Samsung menggaransi Galaxy A16 5G akan didukung software update hingga 6 tahun (update software keamanan). Ini merupakan pertama kalinya Samsung memberikan dukungan update software hingga 6 tahun untuk perangkat kelas menengah mereka.

 

3 dari 3 halaman

Update Software Keamanan hingga 2030

Dengan update software yang lebih panjang, setidaknya perangkat ini akan mendapatkan pembaruan hingga Oktober 2030. Menawarkan update panjang bagi pengguna smartphone kelas menengah sehingga perangkat bisa dipakai lebih lama.

Sementara dalam hal audio, Samsung menghapus jack audio 3,5mm pada smartphone ini. Tentu bagi sebagian pengguna yang menyukai headset dengan kabel, hal ini bisa jadi hal mengecewakan.

Perangkat tersebut sudah didukung baterai 5.000mAH yang mendukung fast charging 25W meski charger tetap dijual secara terpisah. Galaxy A16 5G hadir dengan tiga warna yakni Midnight Blue, Turqoise, dan Grey.

Â