Sukses

Samsung Rilis Mesin Cuci Bespoke AI Laundry Combo, Kecerdasan Buatan Bantu Hemat Energi

Samsung hadirkan teknologi kecerdasan di mesin cuci barunya, Bespoke AI Laundry Combo. AI di perangkat ini diklaim membuat efisiensi energi hingga pencucian lebih bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memperkenalkan mesin cuci Samsung dengan teknologi canggih all in one washer-dryers terbaru , Bespoke AI Laundry Combo dalam Southeast Asia Bespoke AI Laundry Comboâ„¢ Tech Forum 2024 di Bangkok, Thailand, Selasa 8 Oktober 2024.

Kepada jurnalis dan media dari Asia Tenggara yang hadir dalam forum tersebut termasuk Liputan6.com, Samsung memperkenalkan inovasi yang menggabungkan AI dan efisiensi energi.

Product specialist Samsung juga hadir untuk menjelaskan berbagai inovasi yang ditampilkan.

Menurut Samsung, Bespoke AI Laundry Combo dilengkapi teknologi heat pump yang menggunakan panas dari udara untuk mengeringkan pakaian. Teknologi ini merupakan pengganti metode konvensional yang diklaim mampu mengurangi konsumsi energi dan menawarkan pengeringan yang lebih efisien.

Terintegrasi dengan AI, fungsi AI Wash & Dry secara otomatis menyesuaikan parameter pencucian dan pengeringan berdasarkan sensor yang mendeteksi berat, tingkat kekotoran pakaian berdasarkan kekeruhan air, dan jenis kain.

Dalam hal ini, fungsi AI adalah untuk memastikan hasil yang sempurna di setiap siklus dan mendukung penghematan air dan energi.

AI Energy Mode pada Samsung Bespoke AI Laundry Combo juga mengoptimalkan penggunaan energi berdasarkan pola penggunaan dan kondisi pengoperasian, membantu mengurangi konsumsi energi dan biaya tanpa mengurangi kinerja pencucian dan pengeringan.

2 dari 4 halaman

Pakai Lebih Sedikit Energi

Bespoke AI Laundry Combo menggunakan energi 60 persen lebih sedikit selama siklus pencucian. Selain itu, hingga 30 persen lebih sedikit selama siklus pengeringan, jika mengaktifkan mode AI Wash & Dry dengan AI Energy yang dapat diakses melalui aplikasi SmartThings .

Perangkat ini juga memiliki kapasitas yang lebih besar hingga 25 kg. Perangkat ini dinilai ideal untuk keluarga besar atau mereka yang mencari kepraktisan. Pasalnya, mesin cuci ini memungkinkan cucian dalam jumlah besar dicuci dalam satu siklus saja.

"Kami sangat antusias dapat berbagi inovasi terbaru Samsung untuk kehidupan yang lebih cerdas untuk keperluan rumah, dan menggali berbagai inovasi yang kami hadirkan untuk mengubah kehidupan sehari-hari," kata Daren Tay, VP & Regional Head of Digital Appliances for Southeast Asia & Oceania, Samsung Electronics.

Ia menambahkan, Bespoke AI Laundry Combo merupakan gambaran sekilas tentang masa depan laundry yang inovatif. 

"Dengan memanfaatkan teknologi AI, kami mendefinisikan ulang apa yang mungkin dilakukan di rumah dan pada saat bersamaan, memberdayakan pelanggan kami dengan solusi rumah yang lebih cerdas dan lebih efisien," Daren Tay menambahkan. 

3 dari 4 halaman

Deteksi AI untuk EfisiensiPencucian

Fitur utama Bespoke AI Laundry Combo, AI Wash & Dry, menetapkan standar baru untuk efisiensi pencucian. Sistem canggih ini menggunakan berbagai sensor untuk mengoptimalkan pencucian dan pengeringan untuk setiap muatan, sehingga pengguna tidak perlu memikirkan pengaturan optimal untuk setiap siklus.

Setelah mendeteksi berat cucian, sistem ini secara akurat mengeluarkan jumlah air dan deterjen yang tepat. Sistem ini juga mendeteksi jenis kain dan memantau tingkat kekotoran selama siklus, serta menyesuaikan waktu pencucian dan penggunaan deterjen.

Setelah siklus pencucian, teknologi ini menyesuaikan proses pengeringan berdasarkan berat dan kain, memastikan hasil pembersihan dan pengeringan yang sangat baik.

Dengan AI Wash & Dry, pengguna disebut bisa mendapatkan keuntungan dari pengalaman mencuci yang menyeluruh, lebih efisien, dan personal.

4 dari 4 halaman

Ada Layar LCD Lebar 7 Inci di Mesin Cuci

Bespoke AI Laundry Combo juga hadir dengan layar LCD lebar 7 inci yang berfungsi sebagai pusat kendali untuk pencucian, dan terlebih lagi untuk seluruh rumah.

Dengan layar yang lebar, perangkat ini memberikan informasi penting tentang cucian mulai dari rincian proses, jumlah deterjen yang tersisa, dan konsumsi energi.

Saat menampilkan proses, perangkat ini menggunakan pembelajaran mesin untuk mengingat kebiasaan pengguna dan merekomendasikan siklus berdasarkan kebutuhan berkala dan musiman.

Saat proses selesai, perangkat ini menyediakan laporan konsumsi energi dan air yang dapat dilihat di layar LCD atau Aplikasi SmartThings.

Selain itu, pengguna memiliki tampilan yang jelas dari Tampilan Peta 3D, yang menunjukkan semua peralatan yang terhubung di dalam rumah dan memungkinkan pengguna untuk memantau dan menyalakan/mematikannya dengan mudah.

Pengguna dapat memeriksa apakah AC menyala, atau meminta robot penyedot debu untuk mulai membersihkan, semuanya saat mereka berada di ruang cuci.