Sukses

Transformasi Digital Bantu Pelaku Bisnis Kuliner Raup Omzet Puluhan Juta

Solusi digital Indibiz ternyata berhasil membantu pelaku bisnis F&B untuk mencapai omzet bisnis yang mengagumkan.

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis F&B (Food and Beverages) merupakan bisnis yang hambatannya tergolong rendah. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk semua orang, seperti Katrina Laura Miesel.

Alasannya, menurut Laura, F&B memiliki banyak sekali komponen dan variabel manajemen bisnis yang harus dikelola dengan baik. Bahkan untuk bisnis kuliner, kuantitasnya terbilang besar.

Meski begitu, Laura mengaku bisnisnya bisa berkompetisi di tengah ketatnya persaingan. Hal itu berkat dukungan ekosistem solusi digital dunia usaha Indibiz yang memiliki beragam fitur menarik.

Laura sendiri kini memiliki kedai Harbor's yang berlokasi di pusat perniagaan Jakarta Pusat. Memanfaatkan layanan Indibiz dari Telkom Indonesia, bisnis Harbor's bisa stabil menjual 150 cups kopi dan es krim setiap harinya.

Padahal, bisnis ini baru beroperasi selama empat bulan. Namun, omzet bisnis tersebut diketahui stabil di atas Rp 40 juta.

Selain itu, Laura juga dengan mudah menjalankan operasional bisnis secara efisien berkat solusi dari Indibiz. Mulai dari manajemen stok barang, manajemen keuangan, hingga solusi melakukan kegiatan pemasaran yang efektif.

Hal ini makin memudahkan, karena Laura sebelumnya harus mencatat data secara manual, baik aliran keluar-masuk dana, strategi pemasaran, sampai dengan manajemen bahan baku.

Kondisi itu memerlukan waktu yang panjang dan tidak menjamin ketepatan dalam pencatatan. Bahkan, hal itu dapat berujung pada beban usaha yang tidak perlu terjadi.

"Solusi digital dari Indibiz juga membantu saya menjalankan program pemasaran," tutur Laura dalam siaran pers yang diterima, Kamis (10/10/2024).

2 dari 3 halaman

Dapatkan Tips Bisnis dari Indibiz

Kemudian saat penjualan turun, menurut Laura, dia bisa langsung mendapatkan notifikasi tips bisnis untuk menjual suatu produk. Hal itu bisa dilakukan dengan promo potongan harga atau bundling.

Adapun tips yang didapat Laura merupakan hasil riset machine learning yang ada dalam ekosistem Indibiz. Selain untuk pebisnis, solusi Indibiz juga memberikan kemudahan pada pelanggan.

Kemudahan itu di antaranya penyediaan berbagai pilihan pembayaran non-tunai seperti QRIS, kartu debet-kredit, dompet digital, dan sebagainya. Tim support Indibiz juga menjamin kecepatan menanggapi permasalahan yang dialami pengguna.

"Salah satu keunggulan keunggulan Indibiz yang saya apresiasi adalah layanan bantuan, yang kalau ada masalah teknis berat pun, datang di hari yang sama ketika saya lapor," tutur Laura.

 

3 dari 3 halaman

Misi Indibiz Bantu Pelaku Usaha

OVP Enterprise Regional Management Telkom Reni Yustiani menuturkan, salah satu utama misi utama Indibiz adalah membantu para pelaku usaha seperti Harbor's.

Ia menuturkan, Indibiz hadir untuk mendukung pebisnis Tanah Air agar bisa berkembang melalui digitalisasi.

"Digitalisasi menghasilkan keakuratan optimal sesuai dengan kebutuhan di sektor F&B yang amat mengedepankan efisiensi," ujar Reni.

Reni berharap kisah Harbor's dengan sang pemilik dapat menginspirasi pebisnis lain di seluruh negeri. Terlebih, Indibiz juga mempunyai ekosistem layanan yang terdiri dari berbagai segmentasi pda sektor bisnis yang bisa disesuaikan kebutuhan.

"Semua sektor sudah kami sesuaikan dengan kebutuhan digitalisasi untuk membantu pebisnis mengembangkan usahanya," ucap Reni menutup pernyataannya.