Sukses

Mengapa iPhone 16 Belum Bisa Masuk Indonesia? Ini Jawabannya

iPhone 16 series hingga kini belum bisa dijual di Indonesia. Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita pun mengungkap alasan kenapa ponsel terbaru milik Apple ini belum meluncur di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Antusiasme peluncuran iPhone 16 series begitu besar, tapi sayangnya, pengguna di Indonesia harus gigit jari. Hingga saat ini, Apple belum bisa memasarkan lini iPhone 16 di Indonesia karena terganjal aturan TKDN.

Kabar ini pastinya membuat banyak pengguna setia Apple di Tanah Air kecewa menanti kehadiran iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. 

iPhone 15 series pertama kali dijual ke konsumen di Indonesia pada 27 Oktober 2023. Sementara iPhone 14 series, perusahaan baru melepas ponsel tersebut di pasaran pada 4 November 2022.

Berkaca dari dua peluncuran iPhone sebelumnya, tidak salah bila banyak pihak meyakini lini iPhone 16 akan menyambangi Indonesia pada akhir bulan Oktober atau awal November tahun ini.

Nyatanya, hingga saat ini iPhone 16 series masih belum bisa dipasarkan di Indonesia karena belum memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menjelaskan saat ini seri iPhone 16 masih dalam proses sertifikasi TKDN.

"Saat ini, iPhone 16 belum bisa dijual di Indonesia karena masih dalam tahap pengurusan sertifikat TKDN,” ungkap Agus dalam Rapat Kerja Tim Nasional P3DN di Jakarta pada Selasa, 7 Oktober 2024.

Menurutnya, TKDN adalah syarat penting harus dipenuhi setiap produk elektronik untuk dapat dijual di pasar Indonesia, termasuk HP Apple, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 29/2017.

 

2 dari 3 halaman

Tiga Opsi Pemerintah untuk Apple

<p>Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Liputan6.com/Tira Santia)</p>

Lalu bagaimana supaya Apple bisa memenuhi persyaratan tersebut? Pemerintah Indonesia sebenarnya sudah menawarkan beberapa opsi yang bisa diambil.

Agus menjelaskan, ada tiga skema yang ditawarkan kepada Apple: pertama, memproduksi produk di dalam negeri; kedua, memanfaatkan layanan aplikasi lokal, dan ketiga, mengembangkan skema inovasi.

Namun, Apple memilih opsi ketiga, yaitu skema inovasi.

"Kami memberikan fleksibilitas, namun Apple memilik skema inovasi. Sayangnya, realisasi investasi Apple masih belum sesuai dengan komitmen awal," jelas Agus.

Dia menambahkan, "dari total investasi sebesar Rp 1,71 trilun, Apple baru merealisasikan sekitar Rp 1,48 trilun. Masih kurang Rp 240 miliar."

Selain itu, Agus juga menekankan pentingnya mendorong Apple untuk tidak hanya mendirikan akademi di Indonesia, tetapi juga mengambangkan fasilitas penelitian dan pengembangan (R&D) di dalam negeri.

Hal ini sangat penting untuk memperkuat kemampuan Indonesia dalam menciptakan inovasi teknologi lokal yang kompetitif.

 

3 dari 3 halaman

Kapan iPhone 16 Series Tersedia di Indonesia?

Apple resmi meluncurkan iPhone dan iPhone 16 Plus yang sudah mendukung Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Meskipun peluncuran gloal iPhone 16 series ini sudah berlangsung, penggemar Apple di Indonesia sepertinya harus lebih bersabar lebih lama.

Seri iPhone 16 menghadirkan banyak pembaruan menarik, seperti ukuran layar lebih besar pada model Pro dan Pro Max, serta tombol baru memungkinkan pengguna merekam foto dan videl lebih cepat.

Namun, iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max tidak akan tersedia di Tanah Air sampai Apple berhasil memenuhi persyaratan TKDN.

Dengan segala inovasi ditawarkan iPhone 16, wajar jika banyak pengguna di Indonesia merasa kecewa harus menunggu lebih lama kehadiran ponsel baru Apple ini.