Sukses

Review Redmi 14C HP Rp 1 Jutaan Kamera 50MP, Layak Beli?

Kamu sedang mencari smartphone dengan banderol Rp 1,5 jutaan tetapi punya kapasitas daya besar dan kamera 50MP yang mumpuni, mungkin Redmi 14C bisa jadi pilihan. Yuk simak di sini ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Xiaomi menghadirkan smartphone entry level Redmi 14C. Perangkat ini membawa peningkatan dibanding versi sebelumnya.

Hadir dengan harga Rp 1,5 jutaan, smartphone ini menawarkan dukungan kamera 50MP dengan teknologi AI.

Selain kamera dengan resolusi tinggi, HP Rp 1 jutaan Redmi 14C memiliki kamera selfie 13MP dengan fitur cincin cahaya yang berguna untuk mendukung selfie di mana pun dan dalam kondisi cahaya apa pun.

Lantas, bagaimana dengan performa dan pengalaman penggunaan smartphone ini? Yuk simak di sini review Redmi14C:

1. Desain

Redmi 14C hadir dengan desain kekinian yang cukup kekinian. Bodinya tak bisa dibilang tebal tetapi juga tidak terlalu tipis.

Begitu memegang smartphone ini, perhatian akan tertuju pada modul kamera belakang yang dibuat berbentuk lingkaran, dengan kamera ganda 50MP dan lampu flash untuk meningkatkan kualitas kamera.

Redmi 14C yang kami ulas adalah versi Starry Blue yang menampilkan warna gradasi biru lebih tua di bagian bawah dan biru keperakan di bagian atasnya.

Uniknya, jika bodi smartphone ini terkena cahaya, seolah akan menampilkan kilauan lingkaran-lingkaran cahaya. Bodi belakangnya dilapisi permukaan kaca tetapi pengalaman memegang perangkat ini, tak terlihat adanya bekas sidik jari usai digenggam.

Perangkat Xiaomi Redmi 14C ini memiliki bodi setebal 8,2mm dengan bobot yang cukup ringan namun solid dalam genggaman.

<p>Penampakan tiap sisi Redmi 14C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Pada sisi kanan smartphone ini Xiaomi hadirkan dua tombol yakni volume dan Power atau Home.

<p>Penampakan tiap sisi Redmi 14C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Selanjutnya Xiaomi juga masih mempertahankan jack audio 3,5mm di bagian atas smartphone.

<p>Jack audio dipertahankan pada Redmi 14C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Pada sisi bawah, terdapat grill speaker dengan port USB type C untuk pengisian daya. Adapun slot SIM card ditempatkan di sisi kiri smartphone Redmi 14C.

<p>Penampakan tiap sisi Redmi 14C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

 

2 dari 6 halaman

2. Layar

Aktivitas pengguna di layar smartphone ini kian banyak. Tak heran kalau vendor smartphone berlomba menghadirkan layar dengan ukuran lebih besar.

Redmi 14C sendiri hadir dengan layar 6,88 inci yang didukung refresh rate 120Hz. Mengingat harganya Rp 1 jutaan, Xiaomi menyempatkan layar resolusi HD+ yang sayangnya, belum membuat hasil tampilan di layar jadi maksimal.

Layar IPS Redmi 14C memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 600 nits. Ketika dipakai di luar ruangan saat kondisi terang, layar ini juga mampu tampil dengan baik.

Pada layar, Xiaomi memberikan cut out atau lubang di layar untuk menempatkan kamera depan.

3 dari 6 halaman

3. Kamera

Nilai jual Redmi 14C ada di fitur kameranya. Pasalnya, Xiaomi menyematkan kamera ganda 50MP dengan bukaan f/1.8.

Penggunaan kamera ini diklaim menghasilkan foto yang tajam, apalagi Xiaomi juga membenamkan Xiaomi Imaging Engine yang katanya dituunkan dari lini flagship untuk mempercepat pemrosesan ambar.

<p>Hasil foto Redmi 14C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil foto Redmi 14C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil foto Redmi 14C malam hari dengan night mode (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p><p>Hasil foto dengan Redmi 14C pada malam hari, tanpa night mode (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Untuk kebutuhan selfie, Redmi 14C dibekali kamera depan 13MP dengan bukaan f/2.0.

<p>Hasil foto selfie Redmi 13C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Untuk hasilkan selfie yang lebih baik, Xiaomi menambahkan mode malam, mode beauty, dan opsi pencahayaan halus dari bagian layar buat selfie di kondisi minim cahaya.

Untuk merekam video, kamera Redmi 14C bisa melakukan perekaman hingga 1080p 30fps dari kamera belakang. Sementara kamera depannya mampu merekam hingga kualitas 720p 30fps.

<p>Redmi 14C (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)</p>

Kekurangan smartphone Rp 1 jutaan ini ketika merekam video adalah hanya memiliki satu mikrofon di sisi bawah jadi pengguna perlu memastikan agar tak tertutup tangan.

Selain itu, kamera Redmi 14C belum memiliki fitur stabilisasi sehingga hasil perekaman video gerak cepat tanpa alat bantu mungkin akan shaky

 

4 dari 6 halaman

4. Deretan Fitur

Hadir di segmen harga Rp 1,5 jutaan, Redmi 14C terbilang cukup oke di kelasnya. Apalagi smartphone ini didukung sistem operasi HyperOS terbaru dengan basis Android 14.

Sejumlah fitur juga dihadirkan untuk memudahkan pengguna. Salah satunya adalah NFC yang bisa dipakai untuk cek saldo atau top up kartu uang elektronik ketika dibutuhkan.

Sayangnya, kalau pakai Redmi 14C juga tidak terbebas dari iklan, terutama kalau kamu menggunakan aplikasi ekstra yang disediakan oleh Xiaomi.

Kalau kamu ingin iklan idak muncul kamu bisa menonaktifkan notifikasi aplikasi tersebut. Aplikasi bawaan yang disematkan di HP ini masih terasa banyak tetapi bisa di-uninstal jika terasa memberatkan.

Redmi 14C didukug slot SIM yang bisa memuat tiga kartu, yakni dua kartu SIM fisik dan satu kartu memori micro SD, kalau pengguna ingin memasukkan kartu memori untuk menyimpan file.

 

5 dari 6 halaman

5. Performa dan Baterai

Redmi 14C didukung chipset MediaTek Helio G81-Ultra octa core. Selain itu, penggunaan chipset tersebut dipadukan dengan RAM lega.

Rasanya untuk kebutuhan sehari-hari yang tidak tergolong berat smartphone ini masih bisa mengatasinya.

Saat dipakai untuk membuka aplikasi seperti aplikasi chatting, mengakses kamera, hingga streaming Netflix, smartphone ini juga tidak lemot.

Ketika dipakai untuk main gim kasual seperti Mobile Legends: Bang Bang, smartphone ini masih bisa menjalankannya tanpa masalah, meski tidak menggunakan setting grafis paling tinggi.

Untuk baterai, smartphone ini dibekali kapasitas 5.160mAH yang cukup bisa diandalkan seharian atau hingga esoknya kalau pemakaian tak begitu intensif.

Dukungan fast charging 18W membuat pengisian daya bisa dilakukan sekitar 2 jam.

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Redmi 14C, smartphone Rp 1,5 jutaan namun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang tidak terlalu ekstrem untuk pemakaian sehari-hari.

Dukungan kamera utama 50MP membuat smartphone ini cukup mumpuni untuk menjepret berbagai objek, termasuk selfie gen Z yang kini sedang populer.

Dengan desain yang cukup eyecatching, bodi solid, dan layar yang luas, Redmi 14C cocok bagi mereka yang ingin upgrade perangkat di sektor harga Rp 1,5 jutaan.

Video Terkini