Sukses

iOS 18.1 Bikin Pengguna Lebih Mudah Ganti atau Hapus Email iCloud

Salah satu peningkatan update iOS 18.1 yang paling keren adalah kemudahan mengganti email utama di akun email lama, pilih yang baru, dan melewati tahap verifikasi. Simak selengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Update iOS 18.1 bawa sejumlah fitur praktis yang bikin hidup pengguna iPhone lebih nyaman. Salah satu peningkatan paling keren adalah kemudahan mengganti email utama di akun email lama, pilih email baru, dan melewati tahap verifikasi.

Sekarang  dengan iOS 18.1, semua itu menjadi jauh lebih simpel. Kamu bisa langsung update email utama dari Settings tanpa perlu menghapus email lama. Bahkan, email lama tetap terhubung dan masih bisa dipakai untuk login.

Ganti Email iCloud Juga Lebih Fleksibel

Selain itu, iOS 18.1 juga memungkinkan kamu mengganti alamat email iCloud.com atau me.com, sesuatu yang tidak bisa dilakukan sebelumnya. Sebelumnya, kamu hanya bisa membuat alias, tapi email iCloud utama tetap muncul di beberapa situasi. 

Dikutip dari Gizchina, Selasa (15/10/2024), sekarang, pengguna dapat mengubah email iCloud secara permanen dan punya kontrol lebih atas privasi akun mereka.

Fitur baru ini akan sangat berguna buat kamu yang ingin ganti email lama atau tidak terpakai. Prosesnya cepat, mudah, dan tanpa trik yang merepotkan.

Apple Intelligence dan Fitur Lainnya

Tidak hanya soal email, iOS 18.1 juga hadir dengan Apple Intelligence, serangkaian alat AI yang membuat pengalaman pakai iPhone makin personal dan produktif.

Sayangnya, untuk sekarang fitur AI ini baru tersedia di Amerika Serikat. Namun kehadiran fitur ini jadi pertanda menarik untuk pengembangan masa depan iPhone yang lebih pintar.

2 dari 4 halaman

Apple Intelligence Resmi Hadir di iOS 18.1 Beta, Apa Saja Fitur Barunya?

Pengguna iPhone kini juga sudah bisa langsung mencoba fitur Apple Intelligence, lewat pembaruan iOS 18.1 Public Beta yang baru saja digulirkan Apple pada Jumat, 20 September 2024 lalu

Dikutip dari Android Police, Minggu (22/9/2024), Apple fanboy bisa langsung mengunduh iOS 18.1 dan iPadOS 18.1 versi Public Beta setelah sebelumnya hanya tersedia buat pengembang.

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba fitur Apple Intelligence ini, perlu diingat versi beta masih memiliki bug dan masalah. Karena itu, tidak disarankan untuk install OS tersebut di perangkat utama kamu.

Namun, bila sudah mengetahui resikonya dan masih ingin mencoba Apple Intelligence bisa update iOS 18.1 dan iPadOS 18.1 dengan mengakses Settings>Software Update, lalu ketuk simbol info di sebelah opsi Beta Updates. 

Setelah itu, kamu akan mendapatkan pembaruan iOS 18.1 Public Beta secara over-the-air, seperti pembaruan sistem lainnya. Prosedur sama juga berlaku untuk iPadOS 18.1.

Pada pembaruan ini, belum semua fitur Apple Intelligence tersedia. Fitur-fitur itu akan dirilis secara bertahap sampai tahun 2025.

Saat ini, beberapa fitur sudah bisa digunakan antara lain transkripsi dan ringkasan panggilan telepon, prioritas email, smart replies, ringkasan notifikasi, writing tools (proofreading, ringkasan, dan penulisan ulang).

Selain itu, perubahan besar-besaran Siri juga sudah dapat langsung dinikmati lewat update iOS 18.1 dan iPadOS 18.1 versi beta publik ini. Adapun fitur tersebut, termasuk kemampuan mengetik untuk berinteraksi dengan Siri.

Fitur-fitur lain seperti integrasi ChatGPT, Image Playground, Genmoji, serta kemampuan Siri buat lebih memahami konteks pribadi, masih harus ditunggu hingga pembaruan selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Genmoji dan Image Playground Absen dari iOS 18.1, Kapan Fitur AI Ini Hadir?

Apple Intelligence dikabarkan akan merilis Apple Intelligence bersamaan dengan pembaruan iOS 18.1, yang diprediksi mulai diluncurkan pada Oktober 2024.

Namun, sejumlah fitur canggih seperti Genmoji dan Image Playground dipastikan tidak akan hadir dalam pembaruan awal ini.

Menurut laporan terbaru dari Mark Gurman dari Bloomberg, Senin (9/9/2024), fitur-fitur tersebut baru akan diperkenalkan dalam update iOS 18.2.

Rencananya, pembaruan iOS 18.2 ini akan dirilis pada Desember 2024. Update ini akan dapat dinikmatik oleh pengguna seri iPhone 16 dan lainnya.

Apple pertama kali memamerkan Genmoji dan Image Playground dalam acara pada Juni lalu. Genmoji memungkinkan pengguna membuat emoji unik berdasarkan deskripsi teks (prompt).

Tak hanya itu, fitur Apple Intelligence ini juga dapat digunakan untuk mengubah foto seseorang menjadi emoji yang lebih personal.

4 dari 4 halaman

Fitur AI Lainnya

Sementara itu, Image Playground adalah fitur berbasis AI memungkinkan pengguna menciptakan gambar dalam tiga gaya berbeda: Animasi, Ilustrasi, dan Sketsa.

Selain bertindak sebagai aplikasi mandiri, Image Playground juga akan hadir sebagai alat bawaan di beberapa aplikasi Apple seperti Messages.

Apple Intelligence tidak hanya berhenti di situ. Pembaruan mendatang akan memperkenalkan integrasi dengan ChatGPT, ringkasan otomatis untuk pesan masuk, serta peningkatan signifikan pada Siri yang kini lebih cerdas dan responsif.

Apple diperkirakan akan mengumumkan semua fitur baru ini dalam acara bertajuk "It’s Glowtime" pada Senin, 9 September 2024.

Pembaruan akan mencakup dukungan penuh untuk lini iPhone 16 dan model iPhone lainnya yang kompatibel.

Video Terkini