Sukses

Asus TUF Gaming A16 Rilis, Laptop Gaming AI dengan Harga Rp 30 Juta

Asus TUF Gaming A16 hadir dengan layar 16 inci, prosesor AMD Ryzen AI 9 HX, dan grafis Nvidia RTX 4060.

Liputan6.com, Jakarta - Asus merilis laptop gaming premium terbarunya Asus TUF Gaming A16. Laptop ini memiliki layar 16 inci dengan dukungan kecerdasan buatan alias AI. Laptop ini dijual di pasaran dengan harga Rp 30 juta.

Laptop Asus TUF Gaming A16 ini menawarkan bodi tangguh tetapi dalam bodi ringkas untuk mendukung pengguna bermobilitas.

Asus Southeast Asia Regional Director Jimmy Lin mengungkapkan, saat ini konsumen dunia dan di Indonesia membutuhkan laptop yang ringkas, powerful, dan tangguh.

"TUF Gaming A16 menjadi jawaban dari Asus untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan laptop powerful dengan layar besar untuk mendukung gaming sekaligus produktivitas," tutur Lin.

Lebih lanjut, secara fisik Asus TUF Gaming A16 memiliki dimensi 35,4 x 26,9 x 1,79 inci dengan bobot 2,2 kg. Dengan begitu perangkat tersebut cukup mudah dibawa bepergian sekaligus mendukung aktivitas gaming dan produktivitas sehari-hari.

Laptop ini hadir dengan warna Jaeger Gray sekaligus membawa desain dan tema Asus TUF.

Laptop gaming memiliki baterai 90WHrs kapasitas besar untuk memastikan daya tahan lebih lama ketika dipakai, jadi pengguna tidak perlu sering mencari sumber listrik.

Asus TUF Gaming A16 membawa sistem operasi Windows 11 Home dengan garansi 2 tahun global dan 1 tahun garansi Asus.

 

2 dari 4 halaman

Layar 16 Inci

Sesuai namanya, laptop ini hadir dengan layar 16 inci dengan resolusi 2.5K serta rasio aspek 16:10 yang luas untuk gaming maupun bermultitasking.

Layar tersebut memiliki refresh rate 165Hz dan respon time 3ms, sehingga pengguna bisa menikmati pengalaman visual yang halus dan responsif.

Masih dari layar, laptop ini didukung teknologi G-Sync dan tingkat kecerahan hingga 400 nits yang membuat pengguna nyaman memakainya di berbagai kondisi cahaya.

Asus TUF Gaming A16 (FA608) memiliki port lengkap, mulai dari LAN, dua USB Gen 2 Type A, dan dua port USB Type C yang didukung DisplayPort dan power delivery.

TUF Gaming A16 juga didukung konektivitas WiFi 6E dan Bluetooth 5.3 untuk memastikan koneksi nirkabel yang cepat dan stabil.

 

3 dari 4 halaman

Performa Tinggi

Asus TUF Gaming A16 menawarkan performa kuat untuk berbagai aktivitas berat pengguna, baik itu gaming, bekerja, hingga mengolah konten.

Pasalnya, laptop ini ditenagai prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 dengan 12 core dan 24 thread, yang diklaim bisa memberi kecepatan hingga 5.1GHz.

Penggunaan prosesor ini dijanjikan bisa memastikan aplikasi berjalan lancar baik itu game maupun aplikasi pendukung produktivitas.

Prosesor tersebut juga didukung AMD XNDA NPU yang memiliki kekuatan hingga 50TOPS untuk memperkuat kinerja AI.

Asus TUF Gaming A16 didukung grafis Nvidia GeForce RTX 4060 yang memiliki TGP hingga 140W untuk visual game yang smooth dan rendering grafis 3D.

Untuk penyimpanan laptop ini menggunakan 1TB PCle 4.0 NVMe M.2 SSD yang menghadirkan kecepatan baca dan tulis yang tinggi.

Selain itu, memori RAM LPDDR5X 7500 Mhz 32GB untuk memastikan laptop ini bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus tanpa lag.

 

4 dari 4 halaman

Teknologi Pendingin Terinspirasi Desain Mesin Pesawat

TUF Gaming A16 didukung teknologi pendingin untuk membuat performa stabil. Ada juga dua kipas Arc Flow Fans yang terinspirasi dari desain mesin pesawat untuk memastikan aliran udara lebih baik dan kebisingan minimal.

Ada pula heatsink full-width dan ventilasi pembuangan yang dilengkapi filter debu untuk menjaga komponen internal tetap optimal.

Kombinasi ini membuat suhu permukaan laptop bisa 7 derajat C lebih dingin dibandingkan laptop gaming sekelasnya. Jadi, pengguna tak perlu khawatir laptop mengalami overheating.

Janjikan Performa Tangguh

Asus TUF Gaming A16 merupakan laptop yang sudah memiliki sertifikasi ketahanan standar militer AS MIL-STD-810H. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, laptop Asus ini diuji jatuh, getaran, kelembapan, hingga suhu ekstrem.

Dengan begitu, TUF Gaming A16 bisa menjaga performa dan keandalan bahkan dalam kondisi yang paling sulit sekalipun.

Laptop ini juga dirancang untuk bertahan dari guncangan dan benturan yang tak terduga ketika dipakai sehari-hari. Jadi, bisa dikatakan kalau laptop ini cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi.

Video Terkini