Sukses

Bandai Namco Diduga Lakukan PHK Terselubung, 200 Karyawan Diasingkan ke Oidashibeya

Bandai Namco dikabarkan akan memangkas 200 karyawan dari total 1.300 pekerjanya. Langkah ini diperkirakan akan berdampak pada sejumlah judul game yang terancam batal diluncurkan.

Liputan6.com, Jakarta - Bandai Namco Entertainment, penerbit game ternama di balik studio Elden Ring, Tekken 8, hingga Gundam Revolution, dikabarkan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

Dikutip dari The Register, Jumat (18/10/2024), Bandai Namco berencana memangkas 200 karyawan dari total 1.300 pekerjanya.

Langkah ini diperkirakan berdampak signifikan pada beberapa judul game sedang dikembangkan, bahkan ada terpaksa dibatalkan peluncurannya.

Menurut sumber dalam yang diungkapkan kepada Bloomberg, perusahaan game berbasis di Tokyo tersebut telah memindahkan sekitar 200 karyawan keruang khusus.

Kabarnya, mereka dipindahkan ke ruang khusus dikenal dengan istilah "oidashibeya" atau ruang pengusiran.

Di ruang ini, para karyawan tidak diberikan pekerjaan apapun yang secara tidak langsung mendorong mereka untuk mengundurkan diri.

Praktik ini, meski legal, membuat karyawan Bandai Namco merasa tidak nyaman dan menjadi alasan bagi mereka untuk mundur seara sukarela, sehingga perusahaan bisa memotong pesangon.

Hingga saat ini, dilaporkan sudah ada 100 karyawan memilih mengundurkan diri dan jumlah tersebut diprediksi akan terus bertambah.

Fenomena oidashibeya bukanlah hal baru di Jepang. Beberapa perusahaan menggunakan cara ini untuk mengurangi jumlah karyawan, sambil tetap mematuhi regulasi ketenagakerjaan ketat di negara tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Bandai Namco Bantah Praktik Oidashibeya

Tekken 8 (Steam/Bandai Namco)

Namun, hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran akan dampaknya pada iklim kerja dan kesejahteraan karyawan.

Bandai Namco sendiri dalam pernyataan resminya kepada Bloomberg menegaskan bahwa ruang tersebut hanya digunakan sementara, dan beberapa karyawan sedang menunggu untuk dipindahkan ke divisi lain.

"Keputusan untuk membatalkan peluncuran game didasarkan pada evaluasi menyeluruh terhadap situasi," kata seorang juru bicara perusahaan.

Perusahaan juga menyatakan bahwa meski beberapa karyawan harus menunggu penugasan baru, mereka tetap akan dipindahkan ketika proyek baru tersedia.

"Tidak ada ruang 'oidashibeya' di Bandai Namco Studios yang sengaja dirancang untuk menekan karyawan agar mengundurkan diri," tambahnya.

Meski begitu, kondisi ini menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana keputusan ini akan mempengaruhi pengembangan game di masa depan dan nasib karyawan yang terkena dampak.

3 dari 4 halaman

Harga Game Tekken 8 yang Baru Rilis di PC, Xbox, dan PS5

<p>Bandai Namco umumkan Tekken 8 di acara State of Play September 2022. (Doc: Sony PlayStation)</p>

Bandai Namco resmi meluncurkan gim fighting terbarunya, Tekken 8, pada hari Jumat (26/1/2024).

Dengan perilisan ini, Tekken 8 pun sudah dapat dimainkan di konsol PlayStation 5 (PS5), PC Windows, serta Xbox Series X/S.

Tekken 8 sendiri digarap dengan menggunakan Unreal Engine 5, serta memiliki beberapa mode untuk dimainkan oleh pemain, di samping Story Mode, serta fitur-fitur baru.

Pada Tekken 8, Bandai Namco bakal menghadirkan 32 petarung yang bisa dimainkan. Sederet nama seperti Jin Kazama, King II, Ling Xiaoyu, Nina William, Raven, Paul Phoenix, dan beberapa tokoh baru juga ada di gim ini. 

Adapun karakter baru yang hadir di Tekken 8 adalah Azucena Milagros Ortiz Castillo, Jack-8, Reina, dan Victor Chevalier.

Untuk Story Mode-nya bakal bertajuk The Dark Awakens, yang berlatar enam bulan setelah cerita di Tekken 7. Di sini, setelah mengalahkan sang ayah, Heihachi Mishima, Kazuya melanjutkan penaklukannya untuk menguasai dunia, menggunakan G Corporation untuk memulai perang.

4 dari 4 halaman

Tekken 8 Perkenalkan Petarung Baru?

Tekken 8 (Steam/Bandai Namco)

Jin pun harus menghadapi takdirnya saat dia bertemu dengan ibunya yang sudah lama hilang, serta berusaha menghentikan teror ayahnya, Kazuya.

Tekken 8 standar dijual dengan harga Rp 699.000 di Steam, sementara untuk harga Tekken 8 Deluxe Edition adalah Rp 999.000 dan Rp 1.099.000 untuk Ultimate Edition.

Sementara di PlayStation Store, versi dasar game ini dibanderol dengan harga Rp 999.000 untuk Standard Edition, Rp 1.399.000 untuk Deluxe Edition, dan Rp 1.579.000 untuk Ultimate Edition.

Untuk konsol Xbox, Tekken 8 dijual dengan harga USD 69,99 untuk versi reguler, USD 99,99 untuk Deluxe Edition, dan USD 109,99 untuk Ultimate Edition.

Untuk Deluxe Edition dan Ultimate Edition game ini, kamu bakal mendapatkan sejumlah bonus, termasuk di antaranya skin dan kostum buat para karakter serta avatar pemain.

Video Terkini