Sukses

Top 3 Tekno: Deretan Fitur Android 15 hingga 200 Aplikasi Berbahaya di Google Play

Deretan fitur Android 15 bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Deretan fitur Android 15 bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (17/10/2024) kemarin.

Berita lain yang juga populer yaitu mengenai 200 aplikasi Android yang terdeteksi berbahaya di Google Play.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Android 15 Sudah Dirilis, Simak Fitur Baru yang Wajib Kamu Coba!

Android 15 akhirnya resmi diluncurkan dan sudah dapat dinikmati oleh seluruh pengguna Google Pixel di seluruh dunia.

Meskipun pembaruan ini sedikit terlambat dari jadwal, pengguna HP Pixel tetap dimanjakan dengan beberapa fitur baru yang menarik.

Seperti pembaruan Android sebelumnya, Android 15 membawa berbagi peningkatan dan perubahan penting.

Namun, kali ini Google tidak fokus pada perubahan besar dari sisi visual, melainkan pada fitur praktis dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Meskipun tidak menghadirkan perubahan desain besar-besaran, fitur Android 15 tetap memperkenalkan sejumlah hal berguna bagi pengguna.

Berikut ini deretan fitur Android 15 yang wajib kamu coba.

Baca selengkapnya di sini 

 

2 dari 4 halaman

2. 200 Aplikasi Berbahaya di Google Play Terungkap, Total Capai 8 Juta Unduhan!

Dalam jangka waktu satu tahun, Google Play Store telah mendistribubsikan lebih dari 200 aplikasi berbahaya, yang secara kumulatif telah diunduh sebanyak delapan juta kali.

Fakta ini terungkap dalam laporan terbaru dari tim peneliti ancaman siber di Zscaler, di mana mereka menganalisa ancaman dari Juni 2023 hingga April 2024.

Mengutip laporan Zscaler via Bleeping Computer, Kamis (17/10/2024), berikut adalah daftar ancaman siber paling populer di Google Play.

  1. Joker (38.2 persen): Malware pencuri data pribadi dan pesan SMS, yang dapat mendaftarkan korban pada layanan premium tanpa sepengetahuan mereka.
  2. Adware (35.9 persen): Aplikasi malware ini menyedot kuota internet dan baterai, serta menampilkan iklan yang mengganggu di layar perangkat.
  3. Facestealer (14.7 persen): Trojan ini mencuri kredensial akun Facebook melalui formulir phising yang tampak seperti aplikasi media sosial sah.
  4. Coper (3.7 persen): Malware yang dapat mencuri informasi, mencegat SMS, dan melakukan keylogging serta overlay phishing.
  5. Harly (1.4 persen): Trojan yang memaksa pengguna berlangganan layanan premium tanpa sepengetahuan mereka.
  6. Anatsa (0.9 persen): Trojan perbankan yang menargetkan lebih dari 650 aplikasi bank di seluruh dunia.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Realme 13+ 5G: HP Gaming Kelas Menengah dengan Harga Rp 4 Jutaan

Realme resmi mengumumkan kehadiran Realme 13+ 5G di Indonesia. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang menggiurkan, terutama bagi para gamer mobile yang mencari performa tinggi tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Realme 13+ 5G hadir dengan desain yang elegan dan modern, serta bodi yang kokoh. Namun, yang menjadi sorotan utama adalah performa gaharnya yang ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 7300 Energy.

Chipset ini dipadukan dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 256GB, memastikan multitasking berjalan lancar dan aplikasi berat tetap responsif.

Untuk mendukung pengalaman gaming yang imersif, Realme membekali perangkat ini dengan layar AMOLED berukuran 6,67 inci.

Layar ini menawarkan refresh rate hingga 120Hz, sehingga tampilan visual menjadi lebih halus dan responsif, terutama saat bermain game dengan gerakan cepat.

Selain performa yang gahar, HP Realme juga dibekali dengan kemampuan fotografi yang cukup mumpuni.

Ada kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX682 dilengkapi dengan fitur OIS untuk menghasilkan foto yang lebih stabil. Sementara kamera depan 16MP siap menemani pengguna berfoto selfie.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)