Sukses

Presiden Prabowo: Kita Harus Berani Berantas Korupsi dengan Digitalisasi

Presiden Prabowo Subianto menyebut bahwa perbaikan sistem dan digitalisasi bisa memberantas korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam pidatonya saat acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, Minggu (20/10/2024), di Gedung Nusantara MPR/DPR RI Jakarta, Presiden Prabowo Subianto menyebut bahwa perbaikan sistem dan digitalisasi bisa memberantas korupsi.

"Kita harus berani menghadapi dan memberantas korupsi dengan perbaikan sistem, penegakan hukum yang tegas, dan juga digitalisasi. Kita akan kurangi korupsi secara signifikan," Prabowo menegaskan.

Namun, dirinya menegaskan bahwa pemberantasan korupsi adalah tugas bersama dan semua jajaran pimpinan harus memberikan contoh baik agar pemerintahan dapat berjalan dengan bersih.

"Supaya korupsi bisa diberantas, selain para pemimpin harus memberikan contoh yang baik dan benar, juga wajib melakukan penegakan hukum yang tegas dan keras," ucap Prabowo menegaskan.

Ia menuturkan, korupsi sangat membahayakan masa depan masyarakat Indonesia, khususnya bagi anak-anak.

"Saya pun menyadari terlalu banyak kebocoran anggaran, penyimpangan, dan kolusi di antara para pejabat politik, hingga pejabat pemerintah di semua tingkatan," Prabowo memungkaskan.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyatakan salah satu upaya untuk menangkal praktik korupsi dan suap adalah dengan digitalisasi dalam sistem administrasi pemerintahan.

Melalui digitalisasi, ia menilai seluruh proses pemberian layanan dapat termonitor dan menutup celah terjadinya praktik korupsi.

“Dengan digitalisasi dalam sistem administrasi pemerintahan, kita bukan hanya akan memberantas korupsi, tapi juga menyejahterakan rakyat. Kita dapat memperkuat pengawasan melalui digitalisasi ini,” ujar Menteri Anas, dikutip dari situs web Kominfo.

2 dari 4 halaman

Doa dan Harapan Warganet untuk Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Warganet ramai-ramai mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto beserta Gibran Rakabuming Raka.

Pantauan Tekno Liputan6.com di platform X atau Twitter, Minggu (20/10/2024), keyword 'Presiden' menempati posisi teratas trending topic Indonesia, sejak pagi ini.

Ucapan doa dan harapan disampaikan ribuan warganet, baik dari kalangan politisi, tokoh terkenal, hingga masyarakat yang aktif di media sosial.

Ganjar Pranowo adalah salah satu di antaranya. Politisi yang dikenal sebagai seorang politisi dan mantan Gubernur Jawa Tengah ini memposting ucapan selamat di akun pribadinya.

"Selamat bekerja pak Presiden," tulis @ganjarpranowo.

Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja, Susi Pudjiastuti, periode 2014-2019 juga memberikan ucapan dan doa.

"Selamat atas pelantikan Bapak Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia 2024-2029. Pikiran & kebahagiaan kami bersama Bapak dan Indonesia," ujar @susipudjiastuti.

Tak ketinggalan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia, Erick Thohir, periode 2019-2024 juga memberikan ucapan selamat.

"Selamat memimpin Indonesia menjadi negara maju Bapak Presiden Jenderal TNI (Purn) H. Prabowo Subianto dan Bapak Wakil Presiden Gibran Rakabuming," tulisnya.

Hasan Nasabi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan pun mengucapkan selamat untuk Prabowo melalui akun @NasbiHasan

"Hari ini, insya Allah benchmark kesabaran dan keteguhan hati dalam politik Indonesia akan dilantik sebagai Presiden ke-8 RI. Pernah diberhentikan ketika bintangnya sedang menanjak, pernah terasing di negeri orang, pernah dikalahkan berkali2. Selamat bekerja Pak Presiden!!," tuturnya.

Untuk diketahui, sumpah jabatan Presiden dan Wakil Presiden 2024 (Prabowo-Gibran) digelar pada hari ini, Minggu 20 Oktober 2024 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Jakarta.

3 dari 4 halaman

Antusiasme Warganet Sambut Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada hari ini, Minggu (20/10/2024) di Gedung DPR-MPR Jakarta memicu perhatian warganet.

Di platform X atau Twitter, keyword 'Presiden' menjadi trending topic dengan ribuan warganet yang berkomentar mengenai program Prabowo-Gibran hingga ucapan selamat.

"Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk mendorong swasembada pangan demi memperkuat ketahanan nasional," tulis @stillw***

"Pelantikan presiden baru adalah momen penting untuk semua. Saatnya fokus pada visi dan misi yang akan membangun Indonesia lebih baik!," tutur @inda***

"Sehat2 bapak presiden terpilih dan wakil president terpilih. Semoga bisa Amanah," ujar @pres***

"Selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka! Kami mendukung penuh program-program yang akan dibawa untuk Indonesia Maju," kata @sagu***

"Wajah baru dari presiden dan wakil presiden terbaru kita yang resmi dilantik hari ini. Selamat buat pak prabowo subianto dan Gibran rakabuming raka atas pelantikan sebagai presiden dan wakil presiden RI 2024-2029," timpal @saya***.

Di sisi lain, keyword 'Rp 1' juga menjadi trending topic. Keyword ini berkaitan dengan PT KAI Commuter yang memberikan tarif khusus pada perayaan pesta rakyat pelantikan Prabowo-Gibran.

Penumpang KRL Jabodetabek cukup membayar Rp 1 untuk seluruh perjalanan di lintas Jabodetabek dengan syarat saldo minimum saat Tap-In sebesar Rp 5 ribu.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan, pihaknya akan mengoperasikan layanan pola operasi perjalanan mengacu kondisi hari kerja saat pelantikan Presiden Prabowo dan Wapres Gibran hari ini.

“Tak hanya itu, pengelola Commuter Line juga merencanakan melakukan tambahan sebanyak 32 perjalanan Commuter Line, sehingga total akan mengoperasikan sebanyak 1.080 perjalanan. Penambahan perjalanan ini akan dilakukan secara situasional sesuai dengan kondisi kepadatan pengguna di lintas," kata Joni dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (20/10/2024).

4 dari 4 halaman

Infografis Jurus Pemerintahan Prabowo - Gibran Capai Pertumbuhan Ekonomi 8 Persen. (Liputan6.com/Abdillah)

Video Terkini