Sukses

Kingston XS1000R, SSD Eksternal Mungil dengan Kapasitas Besar

Cek ulasan singkat Tekno Liputan6.com mengenai SSD eksternal Kingston XS1000R yang memiliki ukuran mungil tapi dibekali dengan kemampuan yang cukup bertenaga.

Liputan6.com, Jakarta - Kingston diketahui telah menghadirkan SSD USB eksternal XS1000. SSD eksternal ini menawarkan desain ramping dengan bobot yang sangat ringan.

Secara dimensi, Kingston XS1000R memiliki panjang 69,5mm dengan lebar 32,6mm. Sementara bicara soal bobot, SSD eksternal ini memiliki berat 29 gram.

Hadir dalam dua opsi ukuran, 1TB dan 2TB, SSD eksternal ini telah mendukung USB 3.2 Gen 2. SSD ini memiliki kemampuan kecepatan baca hingga 1.050MB/detik, sedangkan kecepatan tulis mencapai 1.000MB/detik. 

Di Indonesia, Kingston XS1000R dijual dengan harga mulai Rp 1,2 jutaan untuk varian 1TB. Sementara untuk 2TB, SSD ini dibanderol mulai dari Rp 1,8 jutaan. 

Yang menarik, SSD ini kompatibel dengan banyak platform. Selain dengan PC Windows, Kingston XS1000R kompatibel pula dengan perangkat iOS, Android, hingga konsol game.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal langsung SSD ini. Harus diakui, kesan pertama ketika menjajal SSD eksternal ini adalah ukurannya sangat ringkas.

Dengan dimensi dimilikinya, SSD eksternal ini sangat mudah dibawa kemana-mana, tanpa menyita banyak ruang di tas. Bahkan, SSD ini bisa dengan mudah disimpan di kantong celana, mengingat ukurannya kecil dan ringan.

Dalam paket penjualannya, Kingston sudah menyertakan kabel USB C to Type A. Namun sebagai tambahan, pengguna juga mendapatkan adapter USB A ke USB C yang bisa dipakai untuk menghubungkannya dengan smartphone.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Kingston X1000R

Selama pemakaian, SSD Kingston XS1000R harus diakui sangat bisa diandalkan dalam beragam kebutuhan transfer data. Dari pengalaman, kecepatan transfer antar perangkat pun terbilang gesit.

Sebagai contoh, saat memindahkan folder video dari SSD ke laptop dengan ukuran 2,2GB, kecepatan transfer mencapai 761MB/s. Begitu pula, ketika memindahkan folder video 4,06GB dari SSD ke laptop, kecepatannya sekitar 780MB/s.

Sementara saat dipakai memindahkan data berupa video dari laptop ke SSD dengan ukuran 2,35GB, kecepatan Kingston XS1000R ini mencapai 503MB/s.

Ketika dipakai untuk melakukan transfer data dari HP Android, kecepatannya pun terbilang stabil. Saat dipakai untuk memindahkan data multimedia dengan ukuran 756MB, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 4-5 detik.

Kendati demikian, Kingston tidak menyertakan software tambahan untuk kebutuhan enkripsi. Karenanya, pengguna harus puas dengan minimnya fitur proteksi yang ada di SSD eksternal ini. 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Kingston XS1000R harus diakui bisa menjadi rekomendasi bagi mereka yang butuh SSD eksternal berkapasitas besar dan memiliki mobilitas tinggi. 

Hal itu bukannya tanpa alasan, karena dengan bobotnya yang ringan, SSD ini mudah dibawa kemana-mana. Jadi, proses transfer data pun bisa dilakukan di mana saja. 

Selain itu, SSD ini juga kompatibel dengan beragam platform. Kingston XS1000 Rmendukung Windows 11, Windows 10, macOS (versi 10.15.x ke atas), Linux (versi 4.4.x ke atas ), Chrome OS, Android, iOS/iPadOS (versi 13 ke atas). 

Dengan kata lain, SSD ini bisa digunakan di banyak platform dan berbagai sistem operasi. Namun, yang mungkin juga menjadi catatan bagi sebagian orang, adalah tidak adanya opsi kapasitas di atas 2TB. 

Hal ini mungkin menjadi pertimbangan bagi mereka yang memiliki data berkapasitas besar. Selain itu, fungsi enksripsi yang tidak ada mungkin akan menjadi perhatian bagi mereka yang membutuhkan perlindungan ekstra. 

Video Terkini