Sukses

Top 3 Tekno: Alasan iPhone 16 Ilegal di Indonesia Jadi Sorotan

Penjelasan dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, terkait status iPhone 16 series di Indonesia yang masih illegal, menjadi sorotan para pembaca.

Liputan6.com, Jakarta - Penjelasan dari Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, terkait status iPhone 16 series di Indonesia yang masih illegal, menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (24/10/2024) kemarin.

Informasi lain yang juga populer datang dari iQOO 13 yang akan menjadi HP Android pertama di Tanah Air yang menggunakan chipset terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Elite.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Menperin Bongkar Alasan iPhone 16 Ilegal di RI, Kenapa?

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, kembali menegaskan status iPhone 16 series di Indonesia saat ini masih ilegal.

Pasalnya, Kemenperin belum menerbitkan izin International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk ponsel terbaru milik Apple tersebut.

"Kalau ada iPhone 16 bisa beroperasi di Indonesia, artinya boleh saya sampaikan ilegal. Laporkan kepada kami, karena Kemenperin belum mengeluarkan izin IMEI," ujar Agus di kantornya, Jakarta, pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Menurut Agus, Apple masih harus memenuhi komitmen investasi telah disepakati sebelumnya dengan pemerintah Indonesia.

Karena itu, Apple belum bisa mengantongi nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 40 persen. Hal ini menjadi penghambat bagi iPhone 16 untuk beredar seccara legal di Tanah Air dalam waktu dekat.

"Mereka masih harus merealisasikan komitmen sudah sepakati antara kami dengan mereka," kata Menperin.

Baca selengkapnya di sini

2 dari 4 halaman

2. iQOO 13 Lolos TKDN, Siap Jadi HP Snapdragon 8 Elite Pertama Rilis di Indonesia!

iQOO 13 dipastikan akan meluncur resmi di Indonesia, dan menjadi HP Android pertama di Tanah Air yang menggunakan chipset terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Elite.

Hal ini terungkap melalui unggahan resmi akun Instagram @iqoo_id, mengonfirmasi kolaborasi eksklusif antara Vivo dan Qualcomm. "Selamat kepada @snapdragon_id atas peluncuran Snapdragon 8 Elite!" tulis akun iQOO.

"Kami dengan bangga mengumumkan #iQOO13 akan menjadi smartphone pertama di Indonesia menampilkan chip luar biasa ini, dibuat melalui kolaborasi inovatif antara vivo dan Qualcomm JOINT LAB," kata iQOO dalam unggahan tersebut.

Kehadiran HP iQOO 13 semakin dipastikan setelah muncul dalam daftar P3DN (Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri) dari Kementerian Perindustrian.

Mengutip deskripsi sertifikat TKDN di laman web P3DN, Rabu (23/10/2024), HP Android iQOO 13 memiliki nilai TKDN 35,98 persen.

HP Android dengan nomor model I2401 ini juga telah tedaftar di Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo, dan sudah mengantongi sertifikasi Postel dengan nomor 104515/SDPPI/2024.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Samsung bakal Rilis Ponsel Layar Lipat Tiga Mirip Huawei Mate XT, Kapan?

Rumor terbaru menyebutkan, Samsung bakal merilis ponsel Android dengan layar lipat tiga pada 2025, mengikuti jejak Huawei Mate XT di pasar China pada Oktober lalu.

Menurut leaker asal Korea, Samsung telah siap dengan teknologi dibutuhkan dan juga telah mengamankan rantai pasokan untuk memproduksi HP Android ini.

Namun, keputusan akhir bergantung pada Divisi MX (Mobile eXperience) yang dipimpin oleh TM Roh, apakah ponsel lipat tiga ini siap dihadirkan untuk pasar global.

Mengutip laporan leaker Korea via GSM Arena, Rabu (23/10/2024), pesanan panel OLED dapat dilipat menurun lebih dari 10 persen.

Ini karena permintaan untuk Galaxy Z Fold6 dan Galaxy Z Flip6 tidak memenuhi ekspektasi, dan menyebabkan pengiriman panel tersebut hanya mencapai 12 juta pada 2024.

Angka ini jauh menurun dibandingkan 20 juta unit pada tahun sebelumnya.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)