Sukses

Apple Konfirmasi Peluncuran Mac Baru Akhir Oktober 2024, Siap Hadirkan Chip M4?

Apple konfirmasi pengumuman Mac baru mulai 28 Oktober 2024. Rumor menyebutkan produk baru akan dilengkapi dengan chip M4, meneruskan transisi besar Apple.

Liputan6.com, Jakarta - Rumor mengenai peluncuran produk bari dari Apple di bulan Oktober akhirnya terkonfirmasi. Sebelumnya, banyak memprediksi perusahaan teknologi ini akan memperkenalkan lini Mac terbaru.

Konfirmasi tersebut datang dari Greg Joswiak, Senior Vice President (SVP) Apple, mengunggah pengumuman melalui akun X---dulunya bernama Twitter--pribadinya.

Ia mengisyaratkan pengumuman terkait Mac baru akan berlangsung selama satu minggu, dimulai dari Senin, 28 Oktober 2024 mendatang.

"Mac (😉) kalender Anda! Kami memiliki minggu pengumuman yang menarik, dimulai pada Senin pagi. Pantau terus," tulis Greg, membuat para penggemar Apple semakin penasaran.

Meskipun Greg tidak mengungkap detail lengkap, rumor yang berkembang menyebutkan Apple akan memperkenalkan lini Mac terbaru dan memulai transisi ke chipset M4, generasi penerus dari M3.

Diyakini, transisi ini akan menghadirkan lonjakan performa signifikan bagi pengguna Mac.

Berbeda edengan peluncuran iPhone 16 series diadakan dalam acara besar-besaran, pengumuman lini Mac baru ini kemungkinan besar akan dilakukan melalui siaran pers, mirip dengan perilisan iPad mini 7 minggu lalu.

Rumor yang Beredar: Apa Saja yang Akan Diumumkan?

Mark Gurman dari Bloomberg juga menambahkan spekulasi, Apple tidak hanya akan mengumumkan Mac baru, tapi juga memperkenalkan iPad mini terbaru.

Kehadiran chip M4 akan semakin mengokohkan posisi Mac dalam segmen komputer premium, dan menarik perhatian Apple fanboymenunggu performa dan efisiensi daya yang lebih baik.

Dengan berbagai rumor yang beredar, ekspektasi publik terhadap produk-produk baru Apple terus meningkat. Apakah Mac dengan chip M4 ini akan membawa inovasi besar lainnya? Kita tunggu jawabannya pada 28 Oktober nanti.

2 dari 4 halaman

5 Inovasi Terbaru Apple M4 Macs yang bakal Hadir Oktober 2024

<p>Apple Store di Taipei, Taiwan. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Apple akan meluncurkan seri Mac terbaru dengan chip M4 pada bulan Oktober. Produk yang bakal mendapatkan pembaruan ini adalah iMac, MackBook Pro, dan Mac mini. 

Dikutip dari 9to5mac, Kamis (24/9/2024), meski acaranya digelar bulan Oktober, perangkat baru ini mungkin baru tersedia di pasaran pada November. Berikut beberapa hal yang layak kita nantikan : 

1. RAM 16GB Jadi Standar

Apple akan mulai memberikan RAM 16GB pada Mac dengan chip M4, termasuk MackBook Pro 14, Mac mini, dan iMac.

Sebelumnya, Apple cuma menyediakan RAM 8GB, jadi ini adalah peningkatan yang menarik, terutama karena teknologi Apple sekarang membutuhkan memori yang lebih besar.

2. Desain Baru untuk Mac mini

Mac mini akan mendapatkan desain ulang terbesar dalam 14 tahun terakhir. Ukurannya bakal lebih kecil, tapi port USB-A akan hilang, digantikan dengan lebih banyak port USB-C.

Meski belum banyak informasi soal tampilannya, ini kabar menarik mengingat Mac mini adalah Mac termurah.

3 dari 4 halaman

3. Aksesoris USB-C untuk iMac

Apple Perkenalkan Apple Intelligence (Dok: Apple)

Dengan rumor iMac baru yang bakal dirilis, Apple juga diperkirakan akan mengganti aksesoris seperti Magic Mouse, Keyboard, dan Trackpada ke USB-C. Ini karena aturan baru di Uni Eropa yang mengharuskan penggunaan USB-C pada perangkat elektronik.

4. Warna Space Black untuk MacBook Pro Termurah  

Warna Space Black saat ini hanya tersedia untuk model MacBook Pro yang lebih mahal, tapi dengan hadirnya M4 MacBook Pro, kemungkinan warna ini juga akan tersedia untuk model yang lebih murah.

5. Chip M4 Pro dan M4 Max

Meskipun chip M4 sudah dirilis di iPad Pro, Apple belum memperkenalkan varian Chip M4 Pro dan M4 Max yang lebih kuat.

Kedua chip ini diharapkan hadir di MackBook Pro kelas atas akhir tahun ini, dan akan lebih cepat serta efisien dibandingkan chip sebelumnya.

Dengan pembaruan ini, seri M4 Mac akan membawa banyak inovasi menarik untuk penggemar Apple. 

4 dari 4 halaman

Apple Perkenalkan Chip M4

Chip Apple M4 terbaru di iPad Pro 2024 (Dok: Apple)

Sebagai informasi, Apple baru saja memperkenalkan M4, yang dibenamkan di iPad Pro generasi paling anyar pada Mei 2024. Prosesor ini menjanjikan kenaikan signifikan pada performa dan efisiensi daya berkat fabrikasi 3nm terbaru.

Chip Apple M4 memiliki konfigurasi 10 inti CPU, dengan empat core performa dan enam core efisiensi data. Kombinasi core CPU itu menjanjikan peningkatan performa hingga 1.5 kali lebih kencang dari iPad Pro seri terdahulu yang dipersenjatai chip Apple M2.

Kendati demikian, mengutip dari Android Authority, Kamis (9/5/2024), konfigurasi 10-core di iPad Pro 2024 ini hanya ditemukan pada iPad Pro varian 1TB dan 2TB.

Sementara, varian standar 256GB dan 512GB ditenagai Apple M4 dengan 9-core CPU dengan tiga core performa dan enam core efisiensi.

Apple M4 juga ditenagai 10-core GPU dengan arsitektur sama dengan chip M3. Adapun perbedaan GPU ini dari generasi sebelumnya adalah penggunaan teknologi Dynamic Caching terbaru yang diklaim Apple dapat meningkatkan kinerja grafis untuk bermain game layaknya konsol game.

Video Terkini