Sukses

Update iOS 18.1 Hadir Dengan Apple Intelligence: Intip Fitur AI yang Akan Rilis

Apple siap menghadirkan update besar melalui iOS 18.1 yang membawa fitur Apple Intelligence untuk pertama kalinya. Simak deretan fitur baru yang akan hadir di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple diketahui tengah bersiap meluncurkan iOS 18.1 dengan sejumlah fitur baru berbasis kecerdasan buatan (AI). Pembaruan ini tidak hanya ada di iPhone, tetapi juga hadir di iPad lewat iPadOS 18.1 dan Mac melalui macOS Sequoia 15.1. 

Sebelum resmi digulirkan, ada baiknya pengguna iPhone mengetahui deretan fitur lengkap AI yang akan hadir bersama update ini. Nah, berikut ini daftar lengkap fitur-fitur AI di iOS 18.1 seperti dikutip dari 9to5mac, Jumat (25/10/2024).

Fitur Apple Intelligence di iOS 18.1, iPadOS 18.1 dan macOS Sequoia 15.1

1. Writing Tools

Pengguna bisa memanfaatkan alat penulisan di seluruh sistem untuk membantu proodfread (memeriksa kesalahan), menulis ulang, atau memformat teks.

Fitur baru Apple Intelligence ini mempermudah pengguna memastikan tulisan selalu rapi dan sesuai kebutuhan, di mana pun kamu menulis.

2. Clean Up di Foto

Fitur ini memudahkan pengguna iOS terbaru untuk menghapus objek tak diinginkan dari foto secara otomatis.

3. Buat Video Kenangan (Memory Movie) Secara Instan

Cukup ketik deskripsi yang pengguna inginkan, dan AI akan langsung membuat video kenangan (Memory Movie) sesuai permintaan. 

4. Pencarian Natural Language di Foto

Pengguna iPhone bisa menggunakan kalimat atau kata kunci sederhana, dan AI akan menampilkan hasil paling relevan.

5. Ringkasan Notifikasi

Notifikasi kini diringkas lebih pintar dengan AI, sehingga hanya informasi yang benar-benar penting dan bisa ditindaklanjuti akan muncul.

2 dari 3 halaman

Beberapa Fitur yang Masih Harus Kamu Tahu

6. Peningkatan Siri

Siri hadir dengan tampilan lebih segar, suara yang lebih natural, dan bisa diakses dengan mengetik. Siri kini juga bisa lebih cerdas memahami permintaan dan memiliki pengetahuan produk yang lebih baik.

7. Pesan Prioritas di Mail

Pesan email penting akan otomatis ditempatkan di bagian teratas kotak masuk dengan bantuan AI.  

8. Smart Reply di Mail dan Pesan

Fitur Smart Reply kini hadir dengan saran balasan pesan yang lebih baik dan relevan.

9. Ringkasan Utas di Mail dan Pesan

 AI akan menyusun ringkasan utas yang lebih informatif dibandingkan kutipan biasa.

10. Focus Mode yang Lebih Pintar

Pengguna tetap bisa fokus bekerja atau belajar, sedangkan notifikasi penting masih bisa masuk saat dibutuhkan.  

11. Intelligent Breakthrough & Silencing di Focus Mode

AI akan memastikan hanya notifikasi penting yang bisa muncul saat pengguna sedang tidak ingin diganggu.  

Kapan Fitur-Fitur Ini Tersedia?  

Semua fitur Apple Intelligence itu akan tersedia di iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1 untuk perangkat yang mendukung.

Saat ini, belum ada tanggal pasti kapan fitur-fitur ini akan diluncurkan secara stabil. Namun, fitur ini diprediksi akan hadir secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan.  

3 dari 3 halaman

iOS 18.1 Bikin Pengguna Lebih Mudah Ganti atau Hapus Email iCloud

Update iOS 18.1 bawa sejumlah fitur praktis yang bikin hidup pengguna iPhone lebih nyaman. Salah satu peningkatan paling keren adalah kemudahan mengganti email utama di akun email lama, pilih email baru, dan melewati tahap verifikasi.

Sekarang  dengan iOS 18.1, semua itu menjadi jauh lebih simpel. Kamu bisa langsung update email utama dari Settings tanpa perlu menghapus email lama. Bahkan, email lama tetap terhubung dan masih bisa dipakai untuk login.

Ganti Email iCloud Juga Lebih Fleksibel

Selain itu, iOS 18.1 juga memungkinkan kamu mengganti alamat email iCloud.com atau me.com, sesuatu yang tidak bisa dilakukan sebelumnya. Sebelumnya, kamu hanya bisa membuat alias, tapi email iCloud utama tetap muncul di beberapa situasi. 

Dikutip dari Gizchina, Selasa (15/10/2024), sekarang, pengguna dapat mengubah email iCloud secara permanen dan punya kontrol lebih atas privasi akun mereka.

Fitur baru ini akan sangat berguna buat kamu yang ingin ganti email lama atau tidak terpakai. Prosesnya cepat, mudah, dan tanpa trik yang merepotkan.

Apple Intelligence dan Fitur Lainnya

Tidak hanya soal email, iOS 18.1 juga hadir dengan Apple Intelligence, serangkaian alat AI yang membuat pengalaman pakai iPhone makin personal dan produktif.

Sayangnya, untuk sekarang fitur AI ini baru tersedia di Amerika Serikat. Namun kehadiran fitur ini jadi pertanda menarik untuk pengembangan masa depan iPhone yang lebih pintar.