Sukses

Danamon Bakal Suntik Dana ke Startup Indonesia, Siapkan Investasi Senilai USD 100 Juta

Danamon bersama dengan induk perusahaan MUFG menegaskan komitmennya untuk pengembangan ekosistem startup di Indonesia lewat MUIP Garuda Fund.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Danamon Indonesia bersama dengan perusahaan indukunya, MUFG termasuk anggota grup perusahaan seperti Adira Finance, Home Credit Indonesia, serta Zurich Asuransi Indonesia kembali menegaskan komitmennya mendukung pertumbuhan startup.

Hal itu dilakukan dengan investasi strategis dan kolaborasi. Langkah ini dilakukan Bank Danamon dan MUFG, karena mereka menyadari pentingnya peran startup dalam menggerakan perekonomian digital Indonesia.

Terlebih, Indonesia menempati urutan keenam di dunia dalam jumlah startup. Menurut Startup Ranking, Indonesia menjadi negara dengan jumlah startup terbanyak di ASEAN, sehingga menandakan potensi besar bagi pengembangan ekosistem startup.

Untuk itu, salah satu inisiatif yang dilakukan Danamon adalah melalui MUFG Innovation Garuda No.1 Limited Investment Partnership (MUIP Garuda Fund), sebuah dana investasi sebesar USD 100 juta hasil kolaborasi dengan MUFG dan MUIP.

Dana ini bertujuan mendukung pertumbuhan startup di Indonesia, terutama yang bergerak di sektor digital dan fintech. Investasi ini difokuskan pada startup tahap seri A ke atas, dengan rata-rata investasi USD 5 juta per startup.

"Inisiatif ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia, termasuk melalui pengembangan sinergi bisnis yang memperkuat jaringan, meningkatkan kapabilitas digital, dan memperluas kolaborasi dengan pelaku fintech di Indonesia," tutur Director Overseeing Southeast Asia Investment MUIP Ryusuke Hirota dalam siaran pers yang diterima, Jumat (25/10/2024).

2 dari 3 halaman

Hadir di Tech in Asia Conference 2024

Untuk menjangkau lebih banyak startup dan memperkenalkan MUIP Garuda Fund, Danamon juga berpartisipasi dalam Tech in Asia Conference 2024. Partisipasi Danamon dalam acara ini bertujuan memperkenalkan solusi finansial yang menyeluruh.

Pada event tersebut, Danamon bersama MUFG, Adira Finance, Home Credit dan Zurich memperkenalkan berbagai layanan digital yang dapat mendukung bisnis startup.

Salah satu di antaranya adalah solusi pembayaran digital QRIS berbasis API dan Direct Debit. Solusi ini dirancang untuk meningkatkan efisieni operasional, memberikan efisiensi dalam transaksi keuangan, dan meningkatkan kapabilitas digital.

Lalu, ada Adira Finance yang memperkenalkan Adiraku. Ini merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu proses pengajuan kredit motor, kredit mobil, dan pinjaman dana tunai secara cepat, aman, dan mudah.

3 dari 3 halaman

Gelar Investment Matching

Selain itu, menurut Global Alliance Strategy Director Bank Danamon Jin Yoshida, mereka juga aktif melakukan investment matching sebagai komitmen mereka memperluas ekosistem bisnis digital dan meningkatkan kolaborasi di sektor keuangan.

"Kami berharap, melalui penyelenggaran investment matching ini, kami dapat mengidentifikasi peluang untuk memberikan dana investasi pada startup yang dinilai memiliki potensi untuk bertumbuh dan menjadi sukses," tutur Jin.

Sebagai bagian dari program ini, mereka menggelar Danamon Investment Matching Fair pada 22 Oktober 2024. Ada lebih dari 50 startup yang tertarik untuk berkolaborasi dengan Danamon dan Adira Finance. 

Pada event tersebut, dilakukan asesmen lebih lanjut untuk menentukan startup mana yang layak mendapatkan pendanaan dan dukungan kolaboratif dari MUIP Garuda Fund.

Video Terkini