Sukses

Apple bakal Kasih Rp 15,7 Miliar Bagi yang Bisa Bobol Private Cloud AI

Demi memastikan layanan Private Cloud Compute (AI Cloud), Apple menawarkan hadiah hingga USD 1 juta atau sekitar Rp 15,7 miliar buat para peneliti keamanan yang bisa menemukan celah atau kerentanan di sistemnya.

Liputan6.com, Jakarta - Apple akan meluncurkan layanan cloud AI terbarunya, yaitu Private Cloud Compute. Demi memastikan layanan ini tetap aman, Apple menawarkan hadiah hingga USD 1 juta atau setara dengan Rp 15,7 miliar buat para peneliti keamanan yang bisa menemukan celah atau kerentanan di sistem tersebut.

Lewat blog resminya, Apple mengungkapkan akan memberikan hadiah maksimal USD 1 juta untuk siapa saja yang bisa melaporkan eksploitasi yang memungkinkan kode berbahaya berjalan dari jarak jauh di server Private Cloud Compute. 

Dikutip dari TechCrunch, Senin (28/10/2024), ada juga hadiah hingga USD 250 ribu atau sekitar Rp 3,5 miliar bagi mereka yang berhasil menemukan cara mencuri informasi sensitif pengguna atau data prompts yang dikirimkan pelanggan ke AI cloud.

Hadiah Tambahan untuk Eksploitasi Lain

Apple tidak hanya fokus pada eksploitasi tertentu. Mereka juga bakal mempertimbangkan celah keamanan lain yang berdampak besar.

Misalnya, ada hadiah hingga USD 150 ribu yang setara dengan Rp 2,3 miliar untuk eksploitasi yang bisa mengakses data sensitif lewat jaringan dengan akses istimewa.

“Kami akan memberikan hadiah maksimal untuk kerentanan yang bisa mengancam data pengguna atau data permintaan di luar batas keamanan Private Cloud Compute,” tulis Apple dalam pernyataannya.

Perluasan Program Bug Bounty Apple  

Ini adalah bagian dari program bug bounty Apple, di mana perusahaan memberi hadiah finansial buat peneliti atau peretas yang melaporkan kerentanan secara privat. 

Tujuannya? Tentu supaya celah ini bisa ditutup sebelum disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.  

Beberapa tahun terakhir, Apple memang serius meningkatkan keamanan. Mereka bahkan merilis iPhone khusus untuk peneliti yang dirancang supaya bisa diretas, semua demi memperkuat sistemnya, terutama karena iPhone sering jadi sasaran pembuat spyware. 

 

2 dari 4 halaman

Keamanan dan Privasi di Private Cloud Compute

Apple juga berbagi detail tentang keamanan layanan ini lewat blog mereka, termasuk dokumentasi dan kode sumber. Private Cloud Compute sendiri jadi perpanjangan dari model AI di perangkat pengguna, disebut Apple Intelligence. 

Dengan layanan ini, tugas-tugas AI yang lebih berat bisa ditangani tanpa harus mengorbankan privasi pengguna.

Apple menegaskan bahwa layanan cloud ini dirancang dengan fokus penuh pada privasi, jadi data pelanggan tetap aman walau diproses di luar perangkat.

Kapan Private Cloud Compute Dirilis?  

Rencananya, Private Cloud Compute bakal resmi meluncur minggu depan. Buat para peneliti keamanan yang ingin ikutan program ini, siap-siap aja! 

Ada peluang buat bantu Apple sekaligus dapat hadiah besar.  

3 dari 4 halaman

Apple: iPhone 17 akan Jadi Produk Paling Ambisius Sepanjang Sejarah

Apple belum lama ini membuat gebrakan baru dengan mengumumkan bahwa iPhone 17 akan menjadi produk paling ambisius yang pernah mereka rilis.

Selain itu, mereka juga melakukan perubahan pada tim hardware Apple dengan mempromosikan tiga eksekutif ke posisi wakil presiden. Perubahan ini menunjukkan komitmen Apple untuk terus berinovasi dan memperkuat posisinya di industri teknologi.

Dilansir dari Phone Arena, Kamis (24/10/2024), John Ternus, kepala tim hardware Apple, telah menunjuk Richard Dinh sebagai pemimpin pengembangan iPhone 17. Ia menyebut kalau iPhone ini sebagai proyek paling ambisius dalam sejarah Apple. 

Walaupun kesannya berlebihan, ada beberapa bocoran menarik yang bisa bikin kita percaya iPhone 17 bakal luar biasa.

Model Baru: iPhone 17 Slim/Air/Ultra?

Rumornya, Apple akan menambah varian premium dengan desain lebih mewah dan harga lebih tinggi.

Lineup Terbesar:

Selain model reguler, lineup iPhone 17 kemungkinan terdiri dari iPhone 17, Pro, Pro max, Plus, dan mungkin varian Slim atau Ultra. Namun, ada spekulasi bahwa model Plus bisa saja dihentikan.

Desain Lebih Modern:

iPhone 17 diperkirakan hadir dengan bezel lebih tipis dan kamera periskop untuk zoom optik yang lebih baik. Selain itu, Apple disebut akan meningkatkan baterai dan performa prosesor di seri ini.

4 dari 4 halaman

Infografis Kejahatan Siber (Liputan6.com/Abdillah)