Sukses

Bocoran Spesifikasi, Harga, dan Tanggal Peluncuran iPhone SE 4

Apple siap mengguncang pasar smartphone budget dengan iPhone SE 4. Kabarnya, ponsel murah ini akan jadi upgrade yang lumayan signifikan dari model sebelumnya. Yuk simak bocoran spesifikasi lengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple siap menggoyang pasar smartphone budget dengan iPhone SE 4. Menurut bocoran terbaru, ponsel murah ini akan upgrade yang lumayan signifikan dari model sebelumnya.

Kabarnya, iPhone SE 4 bakal masuk produksi massal Desember 2024 dan diluncurkan sekitar Maret 2025.

Artikel ini akan memberikan informasi seputar bocoran spek iPhone SE 4.

Desain Layar dan Kamera yang Naik Kelas

Dikutip dari Phone Arena, Senin (28/10/2024), iPhone SE 4 akan tampil berbeda dengan layar OLED 6,06 inci, lebih besar dan lebih canggih dibandingkan layar LCD 4,7 inci di SE 3.

Walaupun masih ada notch, ponsel ini mendukung Face ID untuk keamanan ekstra, mirip seri flagship iPhone, dengan refresh ratenya yang masih tetap 60Hz.

Di bagian kamera, Apple sepertinya mulai serius. SE 4 akan hadir dengan kamera utama 48MP, naik jauh dari 12MP di SE 3. Buat selfie, kamera depannya 12MP.

Performa Ngebut Dengan A18 Chip

Chipset A18 yang dipakai di iPhone 16 dan 16 Plus akan disematkan di iPhone SE 4. RAM juga naik jadi 8GB, menggandakan kapasitas dari model sebelumnya. Upgrade ini bakal bikin ponsel keluaran Apple yang ramah budget, sanggup mengoperasikan Apple Intelligence tanpa masalah.

Kabar lain yang membuat gempar, iPhone SE 4 bakal jadi debut modem buatan Apple sendiri, yang punya kode nama Centauri, diproduksi oleh TSMC. Artinya, Apple mulai meninggalkan ketergantungan pada Qualcomm.

Baterai Tahan Lama dan Dukung MagSafe

Selain performa, baterai iPhone SE 4 juga lebih besar, 3.279mAh, jauh lebih tahan lama dibandingkan 2.018mAh di SE 3. Walaupun ukuran layar lebih besar, kamu tidak perlu sering ngecas.

Chargingnya masih di angka 20W via kabel, tapi kali ini ada dukungan MagSafe, jadi bisa lebih praktis dengan aksesoris magnetik.

Harga dan Tanggal Rilis

Menurut bocoran, harga iPhone SE 4 akan naik dari yang sebelumnya USD 429 atau sekitar Rp 6,7 jutaan. Pilihan kisaran harganya antara USD 499 atau setara dengan Rp 7,8 jutaan sampai USD 549 yang setara dengan Rp 8,6 jutaan. 

Dengan spek yang lebih kuat, layar lebih besar, dan fitur-fitur baru seperti MagSafe, iPhone SE 4 bakal jadi primadona di kelas menengah. Kita tunggu sampai Maret 2025 apakah semua bocoran ini akan terealisasi.

 

 

2 dari 4 halaman

Bocoran Ungkap iPhone SE 4 Punya Desain Mirip iPhone 14

Sebelumya, Apple diketahui tengah mengembangkan versi terbaru iPhone SE. Terbaru, bocoran yang mengungkap beberapa hal mengenai informasi soal iPhone tersebut.

Dikutip dari Gizchina, Rabu (23/10/2024), gambar-gambar baru dari salah satu blog yang kerap membahas soal produk Apple menunjukkan ada dua model dummy iPhone SE 4, yang salah satunya adalah versi lebih besar.

Menurut gambar-gambar tersebut, iPhone SE baru ini juga kemungkinan akan memiliki desain yang mirip dengan iPhone 14. Ponsel ini dilengkapi dengan layar 6,1 inci dan berukuran 146,7mm x 71,5 mm x 7,8mm.

Dummy ini juga menujukkan notch kecil di bagian atas layar, yang mengisyaratkan adanya sistem Face ID alih-alih Touch ID yang biasa.

Selain itu, informasi terbaru tersebut juga cocok dengan sebagian besar bocoran yang telah dibagikan mengenai iPhone SE 4 sejauh ini. Dari segi tampilan, iPhone SE 4 juga diperkirakan akan hadir dengan layar OLED.

Terdapat satu kamera di bagian belakang perangkat, dan tidak ada home button seperti pada model iPhone terbaru. Sebagai gantinya, terdapat tombol mute di atas tombol volume.

Dummy ini juga cocok dengan casing untuk iPhone 14. Namun, memiliki lubang pengaturan kamera ganda lebih besar dari, sehingga kemungkinan kamera iPhone SE 4 besutan Apple lebih sederhana. 

3 dari 4 halaman

iPhone SE 4 Siap Meluncur Awal 2025

Bagian yang paling menarik dari bocoran terbaru ini adalah dummy iPhone SE 4 yang berukuran lebih besar. Model baru ini menunjukkan kemungkinkan adanya varian Plus dari iPhone SE 4, yang menampilkan layar berukuran 6,7 inci.

Selain ukurannya, versi lebih besar ini tampak cukup mirip dengan model dummy yang lebih kecil. Namun, penting untuk dicatat belum ada informasi resmi dari Apple soal iPhone SE terbaru ini. 

Apple diharapkan akan secara resmi mengungkap iPhone SE 4 pada awal 2025. Peluncuran ini akan menandai pembaruan pertama untuk lini SE sejak iPhone SE 3 diluncurkan pada tahun 2022.

Penggemar seri SE kemungkinan sangat menantikan perubahan dan peningkatan yang akan dibawa model generasi keempat ini. Terlebih, ada bocoran yang menyebut kemungkinan kehadiran versi Plus.

4 dari 4 halaman

Infografis Ponsel Black Market Diblokir via IMEI. (Liputan6.com/Triyasni)