Sukses

Sumpah Pemuda 2024, Menkomdigi Dorong Anak Muda Jadi Pionir Transformasi Digital

Dengan semangat Sumpah Pemuda, Menkomdigi Meutya Hafid menekankan, kita semua bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang unggul di era digital.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda ke-96 menekankan pentingnya peran generasi muda dalam mendorong transformasi digital Indonesia.

Ia mengajak para pemuda untuk aktif berkontribusi dan memanfaatkan potensi teknologi demi kemajuan bangsa.

"Pemerintah mengajak, memanggil pemuda Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam visi Indonesia yang cerdas digital, inklusif, dan aman," kata Meutya Hafid, dikutip Senin (28/10/2024).

Dengan semangat Sumpah Pemuda, ia menekankan, kita semua bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang unggul di era digital.

Salah satu fokus utama Komdigi adalah pemerataan akses internet di seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Meutya menegaskan komitmen pemerintah untuk memastikan setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses informasi dan teknologi.

"Literasi digital adalah kunci untuk memaksimalkan manfaat teknologi. Kita harus mendorong pemuda menjadi agen perubahan yang mampu membawa literasi digital ke pelosok negeri," ucap Menkomdigi Meutya Hafid.

 

2 dari 4 halaman

Realisasikan Cita-Cita Presiden

Menkominfo juga mengajak seluruh jajarannya untuk merealisasikan visi Presiden Prabowo Subianto dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan memberdayakan.

"Presiden telah memberikan arahan yang jelas, yakni membangun infrastruktur digital yang tidak hanya memadai, tetapi juga mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat," ujar Meutya.

Meutya Hafid berharap pelibatan peran aktif pemuda menjadi wujud realisasi tema peringatan tahun ini yaitu 'Maju Bersama Indonesia Raya'.

“Kita juga harus mengajak pemuda yang berada di daerah maju untuk mendukung pemuda di wilayah 3T agar bisa berkembang bersama,” tutur Meutya Hafid.

 

3 dari 4 halaman

Transformasi Besar di Lanskap Digital

Menkomdigi mengajak seluruh pemangku kepentingan dan sivitas Kementerian Komdigi untuk menghadapi transformasi besar di lanskap digital.

"Mari kita jalankan tugas ini bersama-sama dengan penuh semangat dan komitmen. Inilah saatnya kita membuat transformasi yang berarti untuk negeri kita tercinta,” ia menandaskan.

Dalam Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 di Kantor Kementerian Komdigi, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2024), tampak hadir Wakil Menteri Komdigi Nezar Patria dan Angga Raka Prabowo serta Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Kementerian Komdigi.

4 dari 4 halaman

Infografis Kepala Daerah Muda (liputan6.com/Deisy Rika)