Sukses

Nokia Siap Pakai Pelican, Teknologi Kamera Smartphone Masa Depan

Perusahaan pembuat ponsel asal Finlandia ini sebelumnya memang pernah mengumumkan rencana berinvestasi di Pelican.

Kamera jadi salah satu fitur yang diunggulkan Nokia di ponsel kelas atas. Selain pakai kamera Carl Zeiss, tampaknya Nokia akan mulai mengadopsi modul kamera lainnya, yaitu Pelican.

Pelican Imaging adalah sebuah perusahaan yang memproduksi modul kamera. Chris Pickett, CEO Pelican Imaging menyatakan modul 16 lensa milik Pelican akan hadir pada perangkat smartphone, setidaknya pada tahun 2014.

Seperti dilansir Phone Arena yang Liputan6.com kutip Senin (6/5/2013), vendor yang akan menggunakan teknologi kamera Pelican adalah Nokia. Perusahaan pembuat ponsel asal Finlandia ini sebelumnya memang pernah mengumumkan rencana berinvestasi di Pelican.

Modul kamera buatan Pelican memiliki 16 lensa dengan susunan 4x4 dengan kualitas yang lebih menjanjikan dibanding modul kamera ponsel biasa. Tiap sub kamera didedikasikan untuk satu warna yang seharusnya menghilangkan beberapa noise dari hasil foto.

File foto yang dihasilkan dalam format JPEG dengan sensor Pelican lebih besar 20 persen dari biasanya. Ukuran file besar itu diklaim memiliki noise minim bahkan dalam kondisi pencahayaan kurang. Ya, Nokia memang sedang getol membuat ponsel dengan mengunggulkan kamera low light sebagai kekuatannya.

Gambar yang diambil dengan kamera Pelican juga berisi informasi fokus untuk keseluruhan scene. Jadi, penggunanya bisa mengubah titik fokus setelah foto diambil.

Fitur ini serupa dengan teknologi kamera Lytro, dengan pendekatan yang pastinya berbeda. Sensor modul dengan teknologi fokus scene dan fitur minim noise ini kiranya bisa menjadi senjata andalan Nokia untuk bisa bersaing tahun depan.

(den/gal)