Sukses

Apple App Store Masih Akan Berjaya Dalam 1,5 Tahun ke Depan

Perusahaan riset ABI Research memprediksi Apple masih akan terus mendominasi pasar aplikasi mobile setidaknya dalam 1,5 tahun ke depan.

Dalam rangka ulang tahun kelima Apple App Store, beberapa pengamat Apple mencoba membuat prediksi berapa lama perusahaan yang berbasis di Cupertino itu dapat mempertahankan dominasinya di pasar aplikasi mobile.

Perusahaan riset pasar ABI Research memprediksi Apple masih akan terus mendominasi pasar aplikasi mobile setidaknya dalam 18 bulan (1,5 tahun) ke depan. Demikian dikutip dari Wallstcheatsheet, Senin (15/7/2013).

Di acara Worldwide Developers Conference tahun ini, CEO Apple Tim Cook mengungkapkan betapa suksesnya App Store dalam lima tahun terakhir. Apple bahkan telah melampaui 50 milyar download aplikasi dan membayarkan uang sekitar US$ 10 milyar kepada para pengembang yang membuat aplikasi.

Salah satu kesuksesan App Store diperkirakan karena lingkungan bisnisnya. Meskipun toko aplikasi Google Play tidak jauh berada di belakang rekor Apple yang mencapai jumlah download 48 milyar, analis senior ABI Research Josh Banjir mengatakan para pengembang iOS diprediksi masih akan terus mengambil porsi terbesar dari ceruk pasar di Apple App Store.

"iOS terus memimpin, dan OS tersebut diproyeksikan akan menghasilkan lebih dari dua pertiga dari pendapatan untuk smartphone dan aplikasi tablet pada tahun 2013. Meskipun OS Android Google telah melampaui Apple dalam hal jumlah keseluruhan aplikasi, pengguna iOS membuktikan bahwa mereka lebih banyak membelanjakan uang mereka. Kesenjangan pendapatan antara dua OS terkemuka itu tampaknya tidak mungkin ditutup dalam 18 bulan ke depan," tulis Banjir dalam laporannya.

ABI Research juga memprediksi bahwa pasar aplikasi mobile secara total akan bernilai sekitar US$ 27 milyar pada tahun 2013. Tablet akan menjadi segmen yang lebih penting daripada pasar aplikasi mobile secara keseluruhan.

Menurut laporan, pengguna tablet cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli aplikasi karena ukuran layarnya yang lebih besar. Pendapatan aplikasi tablet diprediksi akan menyusul smartphone pada tahun 2017.

Berkembangnya pasar aplikasi tablet merupakan pertanda baik bagi Apple. Sebab menurut data IDC Apple sudah mendominasi pasar tablet secara global dengan pangsa pasar 39,6 persen pada kuartal pertama 2013. Mengingat track record yang ditunjukkan App Store, prediksi ABI Research mengenai keberhasilan App Store terlihat cukup konservatif.  (dew)

Video Terkini