Sukses

Pertama Kalinya, Penjualan Ponsel Pintar Kalahkan Ponsel `Udik`

Jumlah perangkat ponsel pintar yang terjual pada kuartal kedua tahun 2013 ini berhasil menggerus penjualan ponsel fitur (feature phone).

Smartphone akhirnya telah menguasai pasar ponsel sepenuhnya. Sebuah catatan penjualan membuktikan bahwa perangkat ponsel pintar (smartphone) kini sudah berhasil mengalahkan jumlah ponsel fitur (feature phone) di ranah global.

Menurut laporan dari lembaga analisa pasar Gartner yang dliansir Ubergizmo, Kamis (15/8/2013), secara kuantitas jumlah perangkat ponsel pintar yang terjual pada kuartal kedua tahun ini berhasil menggerus penjualan ponsel fitur.

Pada kuartal kedua tahun 2013 terdapat 435 juta unit perangkat smartphone yang terjual di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut 225 juta unit merupakan perangkat smartphone yang mengalami peningkatan sebesar 46,5% dibandingkan periode yang sama sebelumnya.

Perangkat komunikasi yang berada di kategori ponsel fitur disebutkan terjual sebanyak 210 juta unit selama triwulan kedua tahun ini. Jumlah itu telah mengalami penurunan sebesar 21% dari total penjualan di periode yang sama tahun lalu.

Meskipun penjualan perangkat smartphone telah berhasil menggeser ponsel fitur yang notabene dibanderol lebih murah, berbagai kalangan masih optimis bahwa produksi ponsel dengan kemampuan minimalis itu tetap akan berlangsung.

Sebab, banderol di ponsel pintar paling murah sekalipun masih terbilang lebih mahal daripada ponsel fitur. Selain itu, bukankah selalu ada tempat kedua? (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.