Sukses

Kualitas Notebook Convertible Masih Buruk?

Meskipun tren convertible mulai merambah di bisnis komputer, Dell masih enggan membuat convertible dengan desain layar yang bisa dilepas.

Popularitas komputer perangkat tablet sangat besar di bisnis perangkat mobile. Selain mempengaruhi smartphone menjadi ponsel dan tablet (phablet), tablet pc juga mengontaminasi bentuk dan fitur notebook.

Evolusi dari persilangan notebook dan tablet pc melahirkan model produk baru yang biasa disebut convertible. Biasanya, perangkat ini memiliki spesifikasi notebook yang mumpuni tapi simpel seperti tablet.

Beberapa vendor komputer membuat model convertible dengan bentuk layar dapat dilepas dari keyboard-nya. Layar sentuh yang dipasangkan di perangkat membuat penggunanya lebih mudah dioperasikan.

Meskipun tren convertible mulai merambah di bisnis komputer, Dell Inc. mengaku masih enggan membuat convertible dengan desain layar yang bisa dilepas.

"Kami melihat convertible model layar yang bisa dilepas masih berkualitas buruk. Saat ini Dell masih berusaha membuat perangkat berkemampuan serupa dengan kualitas yang jauh lebih baik," ungkap Peter Marrs, Executive Director End Consumer Asia-Pacific Japan Dell di sela acara Mini Summit yang turut dihadiri Liputan6.com di Swissotel Stamford, Singapura.

Peter pun mengaku bahwa perusahaannya masih menjagokan Dell XPS 12 untuk bermain di pasar hibrid notebook-tablet. Balutan material serat karbon dan aluminium alloy diklaimnya menjadikan XPS 12 sangat kuat di segala kondisi.

Lalu, apakah Dell akan segera masuk pada tren perangkat convertible dengan layar lepas yang sudah dimulai vendor komputer lain?

"Visi Dell adalah melahirkan produk berkualitas tinggi untuk konsumen. Kami masih melihat seberapa besar tren itu akan berkembang," jawabnya ketika ditemui Liputan6.com di Swissotel Stamford, Singapura. (den/dew)