Sukses

`Mustahil Apple Rilis Phablet`

Analis memprediksi bahwa bentang layar yang akan diusung iPhone 6 nantinya berkisar pada ukuran 4,5 hingga 4,8 inci saja.

Setelah sukses merilis dua generasi terbaru iPhone 5S dan 5C, Apple santer dikabarkan akan segera merambah ke segmen phablet dengan merilis varian iPhone berlayar jumbo. Namun, hal tersebut dianggap hanya kabar burung belaka oleh analis ternama asal KGI Securities, Ming-Chi-Kuo.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Rabu (11/9/2013), Kuo memprediksikan bahwa Apple akan merilis varian iPhone dengan layar lebih besar, namun tidak akan berukuran di atas 5 inci. Ini artinya, perangkat tersebut tidak masuk ke dalam kategori phablet yang umumnya mengadopsi bentang layar 5 inci ke atas.

Kuo mengaku pendapatnya ini bercermin dari langkah Apple yang pernah mereka lakukan setahun lalu ketika merilis iPhone 5.

Seperti yang diketahui, sejak memperkenalkan iPhone pertama kali di tahun 2007 silam hingga seri iPhone 4S di tahun 2011, Apple selalu menggunakan layar berukuran 3,5 inci. Perubahan ukuran layar baru terjadi pada tahun 2012 kemarin saat mereka menyematkan layar seluas 4 inci pada iPhone 5.

Taktik itu menurut Kuo akan diulangi oleh Apple saat merilis iPhone 6 satu tahun mendatang. Ia meyakini bahwa bentang layar yang akan diusung iPhone 6 nantinya berkisar pada ukuran 4,5 hingga 4,8 inci saja.

Apa yang diutarakan Kuo ini sesuai dengan sebuah bocoran informasi yang disebarkan oleh salah satu manufaktur pemasok layar bagi perangkat Apple. Produsen komponen asal China yang tak disebutkan namanya itu mengungkapkan bahwa Apple sempat memesan prototipe layar smartphone berukuran 4,8 inci.

Meski tidak ada konfirmasi apapun dari pihak Apple, namun Kuo dikenal memiliki reputasi terbukti akurat dalam memprediksi langkah-langkah bisnis Apple. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.