Sukses

Dibeli Microsoft, CEO Nokia Dapat Bayaran Ratusan Milyar

CEO Nokia itu diperkirakan akan mengantongi bayaran gaji sebesar $ 25,4 juta (atau sekitar Rp 288,5 milyar).

Pasca diakusisi oleh Microsoft, mantan CEO Nokia Stephen Elop kebanjiran rejeki. Elop dikabarkan akan mendapatkan bayaran bernilai ratusan milyar rupiah setelah Microsoft merampungkan perjanjian akuisisinya untuk membeli unit bisnis ponsel Nokia.

Menurut surat kontrak yang telah direvisi dengan Nokia, Elop yang juga mantan karyawan Microsoft itu diperkirakan akan mengantongi bayaran gaji sebesar $ 25,4 juta (atau sekitar Rp 288,5 milyar). Angka itu termasuk uang tunai dan biaya awal untuk stock award.

Dari jumlah tersebut, menurut yang dilansir Allthingsd, Sabtu (21/9/2013), Nokia hanya bertanggung jawab sebesar 30 persen saja, sisanya 70 persen lagi ditanggung oleh Microsoft. Paket itu merupakan bagian dari pengajuan proxy Nokia.

Elop sendiri setuju untuk mundur sebagai CEO Nokia pada hari kesepakatan akuisisi itu diumumkan. Sekarang ia menjabat sebagai Eksekutif Vice President Devices and Service Business Nokia.

Elop diperkirakan akan bergabung dengan Microsoft sebagai Head of Devices and Service Business setelah kesepakatan akusisi selesai, yang diperkirakan akan rampung pada kuartal pertama 2014.

Di lain sisi, Elop juga dilihat sebagai kandidat kuat untuk mengisi kursi CEO Microsoft. Seperti diketahui, CEO Steve Ballmer sudah mengumumkan bahwa ia bermaksud untuk mengundurkan diri dalam satu tahun ke depan setelah penggantinya ditemukan.

Selain Elop, Nokia juga akan memberikan gaji tambahan untuk CEO interim Risto Siilasmaa dan CFO Timo Ihamuotila. Siilasmaa akan mendapatkan uang sebesar $ 676.300 dalam bentuk saham dan uang tunai, sementara Ihamuotila akan mendapatkan $ 338.150. (dew)