Sukses

Seminggu Dirilis, Separuh Pengguna iDevice Migrasi ke iOS 7

Sistem operasi yang kompatibel untuk perangkat iPod, iPhone, dan iPad itu hingga kini sudah diadopsi lebih dari 50% penggunanya.

Selain merilis dua generasi iPhone terbarunya, Apple juga menghadirkan pembaharuan pada sistem operasinya. Pekan lalu, Apple secara resmi telah merilis iOS 7 untuk pengguna perangkat besutannya.

Sistem operasi yang kompatibel untuk perangkat iPod, iPhone, dan iPad itu hingga kini sudah diadopsi lebih dari 50% penggunanya. Menurut studi yang dilakukan oleh Chitika -- jaringan iklan online asal Massachusetts, Amerika Serikat -- adopsi iOS 7 oleh pengguna iDevice tersebut hanya memerlukan waktu 7 hari.

Sebagaimana dikutip dari laman Apple Insider, Kamis (26/9/2013), dalam 24 jam pertama sejak iOS 7 diluncurkan, Chitika memprediksi akan ada 18% pengguna di Amerika Utara yang melakukan proses upgrade. Namun kenyataannya ada 32% yang langsung migrasi menggunakan iOS 7.

Menariknya, angka adopsi ini melampaui adopsi iOS 6 yang membutuhkan waktu lebih dari 3 hari untuk mencapai 30% jumlah unduhan. Hingga Februari lalu, pertumbuhan pengguna iOS 6 mencapai 83%.

Sejak pertama kali mengumumkan rencana kehadiran iOS 7, Apple menyebut ada beberapa perangkat yang kompatibel untuk disematkan pada sistem operasi terbarunya itu. Sejumlah perangkat tersebut antara lain iPod touch generasi kelima, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPad mini, dan iPad 2.

Hasil survei yang dilakukan oleh Chitika sesuai dengan apa yang sudah diprediksi Apple saat pertama kali memperkenalkan kehadiran iPhone 5S dan 5C. Saat itu CEO Tim Cook sesumbar jika iOS 7 akan menjadi sistem operasi terpopuler hanya dalam hitungan hari. (vin/dew)