Sukses

Jailbreak iOS 7 Segera Dirilis

Tools jailbreak yang akan dirilis untuk sistem operasi iOS 7 ini kabarnya bisa dilakukan tanpa bantuan PC.

Sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa tools jailbreak untuk sistem operasi iOS 7 akan segera dirilis. Seorang hacker ternama yang dikenal dengan julukan Planetbeing, melalui akun Twitternya mengkonfirmasi bahwa tim pembuat tools jailbreak iOS 7 yang dipimpin olehnya telah berhasil mencapai satu kemajuan yang sangat positif.

Menurut yang dilansir laman iPhoneHacks, Kamis (3/10/2013), kemajuan ini kabarnya segera dikonversi menjadi tools jailbreak untethered -- proses jailbreak yang tak memerlukan bantuan PC -- yang akan segera dirilis dan dimanfaatkan oleh seluruh pengguna iPhone 5S, 5C, 5, 4S, 4, iPad 4, 3, iPad mini dan juga iPod Touch 5.



Namun sayang, akun Twitter @planetbeing tidak menjelaskan secara rinci kapan tepatnya tools jailbreak ini akan diluncurkan.

Layaknya proses rooting di perangkat berbasis Android, jailbreak adalah proses yang memungkinkan pengguna perangkat mobile yang menjalankan sistem operasi iOS besutan Apple untuk mencapai kontrol istimewa. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengatasi keterbatasan yang ditetapkan oleh produsen perangkat.

Dengan kata lain, proses jailbreak sistem operasi iOS memungkinkan pengguna untuk memacu perangkatnya menembus batas kemampuan yang ditetapkan.

Selain kegunaannya yang serupa dengan proses rooting, status kelegalan proses jailbreak pun masih diragukan. Tak sedkit yang mendukung, namun banyak pula yang mengecam, terutama pihak Apple. Di Amerika Serikat sendiri jailbreak memang sudah ditetapkan sebagai suatu proses yang legal oleh pemerintah. (dhi/dew)

Baca juga:

Mengenal Serba-serbi Rooting Perangkat Android
Rooting Android, Legal Atau Ilegal?