Sukses

Telkom Fokus Kembangkan Layanan Bisnis untuk UKM dan Korporasi

Era baru di dunia komunikasi diyakini berpotensi menjadi motor dari pertumbuhan bisnis Telkom di segmen korporasi dan UKM.

Gaya hidup masyarakat dalam menggunakan teknologi komunikasi makin berkembang dan menggunakan aplikasi dan layanan teknologi informasi. Berbagai layanan dan aplikasi yang digunakan masyarakat tersebut diyakini sebagai era baru di dunia komunikasi (new wave).

PT Telkom Indonesia Tbk mengaku perusahaannya sudah mengarahkan produk layanannya pada tren yang sedang berkembang itu. Perusahaan plat merah itu kini dilaporkan sudah turut berkecimpung di bidang IT services yang meliputi managed network, managed application dan IT managed services.

Bisnis new wave diyakini berpotensi menjadi motor dari pertumbuhan bisnis Telkom di segmen korporasi dan UKM. Pertumbuhan pendapatan Telkom di layanan IT services pada segmen korporasi selama lima tahun terakhir disebutkan mencapai 11%. Pertumbuhan yang lebih pesat ditunjukan pada segmen bisnis UKM, yg tumbuh rata-rata 43%.

"Asumsi perhitungan kita, dalam 5 tahun kedepan (tahun 2018) Telkom masih akan tumbuh dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate) secara aggregat 17% untuk bisnis IT services pada kedua segmen korporasi dan UKM", ujar Muhammad Awaluddin Direktur Enterprise and Business Services Telkom.

Menurut Awaluddin, ada 3 hal yg menjadi dasar pemikiran Telkom untuk terus mengembangkan bisnis layanan IT miliknya, yakni Business Model, Innovation and Growth. Dalam keterangan resminya, Awaluddin menyebut kemasan bisnisnya sebagai THINK BIG.

Di segmen bisnis UKM yang diyakini akan menjadi pasar ICT yang besar, Telkom fokus pada bisnis ICT di sektor Usaha Kecil Menengah UKM yang notabene pasarnya sangat besar, tersebar dan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

“Tidak banyak yang mampu, tapi Telkom mampu dan berkewajiban mengembangkan layanan ICT untuk segmen UKM agar tercipta UKM indonesia yang Maju, Mandiri dan Modern” ujar Awaluddin.

Telkom sendiri untuk segmen Enterprise dan Small Medium Enterprise (SME) di tahun 2014 menargetkan perolehan revenue sebesar Rp 10 Trilyun dengan komposisi segmen Enterprise berkontribusi 75% dan sisanya 25% dikontribusi oleh segmen SME.

"Telkom akan fokus di segmen Enterprise dan SME karena 2 segmen ini menjadi pusat pertumbuhan utk revenue unconsole Telkom" tandas Awaluddin. (den/dhi)

Baca juga :
Restu Perkawinan XL-Axis dari Pemegang Saham Tertunda
Telkom Siap Jajaki Bisnis Menara
Diterjang Banjir Besar, Telkom Pulihkan Komunikasi di Manado
Sebagian Jakarta Terendam, Telkomsel Amankan Layanan
Layanan Komunikasi Telkomsel di Manado Sudah Pulih