Sukses

Es Cendol Bunga Mawar, Sajian Dingin untuk Buka Puasa

Di tangan seorang warga di Jalan Istiqlah, Banyuwangi, Jawa Timur, kebun mawar yang tumbuh subur di belakang rumahnya diolah jadi es cendol.

Liputan6.com, Banyuwangi - Siapa sangka bunga mawar nan cantik memiliki banyak khasiat dan tak sekadar untuk pengharum atau sebagai tanaman hias semata.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (26/6/2015), di tangan seorang warga di Jalan Istiqlah, Banyuwangi, Jawa Timur, kebun mawar yang tumbuh subur di belakang rumahnya diolah menjadi kuliner es cendol.

Berbekal ilmu yang didapat dari internet, bunga mawar memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Minyak alami yang ditemukan dalam mawar membantu kelembaban kulit dan mampu menurunkan tekanan darah.

Cara membuat cendol bunga mawar sangat mudah. Bunga mawar terlebih dahulu direndam lalu diblender. Setelah halus, disaring diambil sari bunga mawarnya dan dimasak hingga mendidih. Kemudian diberi tepung maizena. Selanjutnya adonan dibuat cendol menggunakan cetakan. Es cendol bunga mawar pun siap.

"Rasanya lain dengan dawet yang lain karena kalau dawet lain itukan hanya bahan bakunya dari tepung, tapi kalau inikan ada aroma dan rasa mawarnya yang lebih dominan," ucap salah satu penikmat es cendol bunga mawar ini.

Untuk bisa menikmati seporsi es cendol bunga mawar cukup merogoh kocek antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000. Es cendol bunga mawar dijamin membuat buka puasa anda jadi lebih segar. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini