Sukses

Pemudik Mulai Padati Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar

Lonjakan pemudik di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar diperkirakan akan terjadi pada pemberangkatan kapal tujuan Surabaya.

Liputan6.com, Makassar - 10 Hari jelang Lebaran, kapal motor Lambelu milik PT Pelni yang sebelumnya menurunkan 2.000 penumpang asal Kalimantan, kembali memberangkatkan 1.500 lebih penumpang dengan tujuan Bau-bau, Sulawesi Tenggara dinihari tadi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (7/7/2015), para penumpang umumnya adalah para perantau yang hendak lebih awal mudik menuju kampung halaman agar terhindar dari berdesakan di pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Lonjakan pemudik di pelabuhan ini diperkirakan akan terjadi pada pemberangkatan kapal tujuan Surabaya dan kedatangan penumpang dari sejumlah pelabuhan di Indonesia Timur.

Mudik lebih awal juga terjadi di Stasiun Kereta Api Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan. Ribuan pemudik sudah memenuhi gerbong kereta ekonomi ac pagi jurusan Rajabasa, Lampung dan Lubuk Linggau.

Para penumpang memilih mudik hari ini untuk menghindari lonjakan penumpang jika mudik mendekati Lebaran nanti. Tiket kereta jurusan Lampung dan Lubuk Linggau juga sudah habis hingga 6 hari jelang Lebaran. Sedangkan untuk kereta bisnis dan eksekutif sudah habis untuk keberangkatan 3 hari sebelum Lebaran.

Lonjakan penumpang diperkirakan berlangsung pada 6 hari sebelum Lebaran. Jika dibutuhkan, PT KAI akan menambah gerbong sesuai lonjakan penumpang. (Vra/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.