Sukses

Jelang Mudik Lebaran, Polisi Bentuk Satgas Anti-Rumah Kosong

Satgas anti rumah kosong dan pembobol mesin ATM ini berpatroli ke pemukiman untuk menjaga keamanan perumahan yang ditinggal mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 3 orang ditangkap polisi Klaten, Jawa Tengah. Mereka sebelumnya terlibat dalam penipuan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di sebuah SPBU. Komplotan ini mengganjal mesin pembaca kartu ATM dengan lidi. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (8/7/2015), saat nasabah gagal memasukkan kartunya, salah satu tersangka berpura-pura menolong dengan mengarahkan korbannya menelpon nomor yang disebutnya Call Center Bank, padahal tersangka lain berada di jalur telepon itu. Dan saat itulah, korban dipandu untuk mentransfer uang ke rekening tersangka.

Sementara itu, untuk mencegah kejahatan serupa, Polsek Kembangan, Jakarta Barat membentuk satuan khusus. Satuan khusus yang disebutnya Satuan Petugas (Satgas) anti-rumah kosong dan pembobol mesin ATM ini berpatroli ke pemukiman untuk menjaga keamanan perumahan yang ditinggal mudik penghuninya.

Tak hanya itu, unit ini juga melakukan sosialisasi dengan menempelkan stiker pada rumah yang kosong. Stiker itu berisi informasi nomor telepon kantor polisi yang siaga 24 jam. Selain itu, satgas ini juga menyambangi bank dan mini market yang menyediakan mesin ATM 24 jam. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.