Sukses

Begini Aktivitas Anak Rinjani dari Pos Pengamatan

Debu vulkanik anak Gunung Rinjani masih membubung tinggi dan sebarannya meluas hingga ke 4 kabupaten.

Liputan6.com, Lombok - Aktivitas kegempaan Gunung Barujari, anak Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat terus berlangsung hingga Kamis pagi tadi. Debu vulkanik juga masih membubung tinggi dan sebarannya meluas hingga ke 4 kabupaten.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (5/11/2015), inilah aktivitas Gunung Api Barujari yang terpantau dari pos pengamatan Gunung Api Rinjani di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Asap atau debu vulkanik membubung tinggi ke udara Pulau Lombok dan tertiup angin ke arah barat daya dan selatan.

Tapi dibandingkan kemarin, tim pemantau mencatat ada penurunan intensitas. Namun penyebaran debu vulkanik justru meluas. Artinya, kawasan terdampak debu vulkanik juga meluas.

Status Gunung Barujari masih waspada level II. Warga dihimbau tetap menggunakan masker.

Akibat debu vulkanik Gunung Barujari, aktivitas di Bandara Internasional Lombok lumpuh total. Seluruh penerbangan baik domestik maupun internasional, dari dan menuju Lombok dibatalkan.

Akibatnya, 3.500 lebih calon penumpang batal berangkat. Kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga Jumat besok, lantaran angin membawa debu vulkanik Gunung Barujari ke arah barat daya, yang mengakibatkan jarak pandang di udara Bandara Lombok terhalang debu. (Nda/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.