Sukses

Sosok Minggu Ini: Dokter Aisah, Spesialis Korban Narkoba

Dokter Aisah Dahlan punya cara tak biasa untuk menyadarkan siswa siswi akan bahaya narkoba.

Liputan6.com, Jakarta - Dokter Aisah Dahlan punya cara tak biasa untuk menyadarkan siswa siswi SMP akan bahaya narkoba. Seminar yang diadakan di dalam gedung bioskop misalnya, ia kemas dengan gaya psiko drama yang interaktif.

Dokter lulusan Universitas Hasanuddin Makassar ini sadar betul, agar pesannya efektif, cara satu-satunya adalah menyediakan contoh konkret langsung dari mantan pecandu yang pernah ia bantu pulihkan.

Tak hanya pencegahan, dokter Aisah Dahlan yang terjun dalam bidang narkoba jauh sebelum BNN berdiri ini, juga telah merehabilitasi ribuan orang. Termasuk para Slankers atau penggemar grup musik Slank di tahun 2003 hingga 2008.

Kala itu, belum ada panti rehabilitasi yang biayanya terjangkau untuk semua kalangan. Bunda Iffet dan dokter Aisah punya cara sendiri untuk memberikan layanan cuma-cuma di markas Slank.

Syaratnya, kemauan untuk sembuh harus datang dari diri sendiri. Obat bukanlah yang utama dalam usaha pemulihan pecandu narkoba. Dokter Aisah pun mendapat julukan sebagai Dokter Peace.

Kini, dokter Aisah menjadi ketua Asosiasi Rehabilitasi Sosial Narkoba Indonesia yang mengkoordinir 118 Institusi Penerima Wajib Lapor atau IPWL, seperti Yayasan Sahabat Rekan Sebaya, yang ia dirikan di tahun 1998.

Di sini, setelah melewati tahap detoksifikasi, mantan pecandu diberikan beragam pelatihan sebagai bekal kembali ke masyarakat. Mulai dari perbengkelan, bercocok tanam, musik, dan teater serta film.

Keterlibatan ibu 5 anak ini dalam menangani narkoba, diawali dengan terungkapnya sang adik bungsu yakni Sahril Dahlan, yang ternyata sudah 9 tahun menjadi pecandu.

Dengan dorongan sang suami, wanita kelahiran 17 Desember 1968 ini setia menemani sang adik berobat ke Kuala Lumpur. Dokter Aisah menjadi paham penanganan yang tepat dan bersedia membagi ilmunya di Tanah Air.

Meski berkali-kali kambuh, kini sang adik berhasil kembali menata hidupnya. Sebuah tantangan besar yang masih harus dihadapi dokter Aisah.

Cita-cita sebagai dokter spesialis anak memang harus dilepas dokter Aisah, namun jasa yang telah ia lakukan bagi anak anak-anak Indonesia jelas telah melampaui cita-citanya.

Saksikan kegigihan dokter Aisah Dahlan memerangi narkoba dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (22/11/2015), di bawah ini. (Nda/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.