Sukses

VIDEO: Usai Kabut Asap, Kini Banjir Genangi Riau

Aliran Sungai Rokan yang bercabang ke sejumlah anak sungai meluap dan menyusul tingginya curah hujan.

Liputan6.com, Riau - Curah hujan yang tinggi menyebabkan Sungai Kampar, Kuantan, dan Rokan di Riau meluap. Luapan Sungai Rokan tak hanya menggenangi wilayah di bantaran sungai, banjir juga menerjang kawasan perkotaan di Pasir Pengaraian.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (16/12/2015), aliran Sungai Rokan yang bercabang ke sejumlah anak sungai meluap menyusul tingginya curah hujan.

Selain di Kabupaten Rokan Hulu, banjir juga melanda 3 kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi. Bencana yang dipicu meluapnya Sungai Kuantan itu merendam pemukiman dan areal pertanian. Di Kabupaten Kampar, sebaran banjir juga kian meluas.

Kawasan Buluh Cina di Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar bahkan mulai terisolir menyusul kian derasnya luapan Sungai Kampar.

Para warga menggunakan sampan sebagai moda transportasi lantaran jalan darat tergenangnya. Para korban banjir menolak mengungsi atas pertimbangan keselamatan harta benda mereka.

Curah hujan yang masih sangat tinggi ditambah kebijakan membuka pintu air di waduk PLTA Kota Panjang menjadi pemicu meluasnya bencana banjir di Provinsi Riau.

Usai merendam 3 kabupaten pada petang menjelang malam tadi, luapan Sungai Kampar sudah menggenangi sebagian pemukiman di Kabupaten Pelalawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.