Sukses

Kopi Pagi: Akhir Drama Sidang Kopi Bersianida

Vonis 20 tahun penjara bagi Jessica menjadi klimaks kasus kopi bersianida. Tapi bukan berarti drama sudah berakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 6 Januari 2016. Inilah awal mula drama pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Berawal dari janji tiga sahabat, Mirna, Hani dan Jessica Kumala Wongso bertemu di kedai kopi Olivier Grand Indonesia.

Sang inisiator pertemuan, Jessica, datang pertama lalu memesan tiga minuman dan langsung membayar tagihan. Dari rekaman kamera CCTV, Jessica seperti menutupi sesuatu dengan tiga kantong besar yang diletakkan di atas meja.

Mirna yang tiba bersama Hani kemudian meminum kopi Vietnam yang dipesankan Jessica. Namun tak lama kemudian Mirna kejang-kejang. Kepanikan pun melanda. Wanita yang baru satu bulan menikah itu akhirnya menghembuskan napas terakhirnya dalam perjalanan ke rumah sakit.

Sungguh mengejutkan. Dari hasil uji laboratorium forensik, polisi memastikan Mirna tewas dibunuh menggunakan racun sianida.

Dua pekan kemudian, tepatnya 30 Januari 2016, Jessica yang sejak awal dicurigai sebagai pelaku pembunuhan Mirna, akhirnya ditangkap dan jadi tersangka. Pada 26 Mei 2016 atau pada hari terakhir masa penahanan, berkas Jessica resmi dilimpahkan ke pengadilan.

Babak baru drama kasus kopi bersianida pun dimulai. Persidangan panjang digelar dan menyita perhatian hingga menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Bak sinetron drama, persidangan Jessica digelar sejak Juni hingga Oktober 2016. Selama hampir empat bulan tersebut total 32 kali sidang dipertontonkan secara terbuka kepada masyarakat.

Masing-masing pihak Mirna dalam hal ini jaksa penuntut umum dan pihak Jessica menyampaikan argumen berbeda. Bukti-bukti dibeberkan hingga sejumlah saksi ahli dihadirkan. Tentunya, saling bertolak belakang.

Mulai dari rekaman CCTV penyebab kematian hingga legalitas ahli maupun saksi dipersoalkan. Belum lagi, berulang kali Jessica menangis di pengadilan.

Hingga akhirnya hari yang dinanti itu pun tiba. Sidang putusan kasus pembunuhan Mirna yang cukup menguras energi dan melelahkan itu, digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Ya, vonis 20 tahun penjara bagi Jessica menjadi klimaks kasus kopi sianida. Tapi bukan berarti drama sudah berakhir.

Hanya satu hari berselang, Jessica dan tim kuasa hukumnya mendaftarkan langkah hukum banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Masyarakat pun seakan bertanya, episode apa lagi yang akan hadir dalam drama sidang kopi bersianida?

Saksikan ulasan selengkapnya dalam rangkuman Kopi Pagi (Komentar Pilihan Liputan 6 Pagi) yang ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (30/10/2016), di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.