Sukses

VIDEO: Eceng Gondok Rawa Pening Disulap Jadi Pelet Bahan Bakar

Pemanfaatan enceng gondok ini diharapkan dapat mengurangi pendangkalan danau.

Liputan6.com, Semarang - Guna membersihkan Danau Rawa Pening, di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dari serbuan tanaman eceng gondok, diupayakan pengolahan eceng gondong menjadi pelet bahan bakar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (19/12/2016), eceng gondok ini menumpuk di sepanjang Danau Rawa Pening. Tanaman ini menutupi danau dan membuatnya tak hanya terlihat kumuh, tapi juga mengalami pendangkalan air danau.

Untuk mengatasi hal itu, muncul ide untuk mengolah tanaman eceng gondok dijadikanlah pelet bahan bakar.

Prosesnya mudah, bahan baku eceng gondok dihancurkan atau dicacah. Lalu dikeringkan dengan mesin pengering selama 20 menit.

Selanjutnya hasil ampas eceng gondok kering dimasukan kedalam mesin cetak. Pelet eceng gondok seukuran jari kelingking yang dihasilkan siap digunakan sebagai bahan bakar.

Pemanfaatan enceng gondok ini diharapkan dapat mengurangi pendangkalan danau dan membantu perekonomian warga sekitar danau.

Saksikan tayangan video selengkapnya dalam tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.